SUKSESKAN E-KTP, BUPATI HIMBAU MASYARAKAT SEGERA MEMPEROLEH NIK

Guna suksesnya pelaksanaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau yang lebih populer dengan istilah e-KTP di wilayah Kabupaten Toba Samosir, secara terjadwal dan bertahap, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan melakukan sosialisasi di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Toba Samosir. Selasa (03/04), masih dalam rangkaian sosialisasi tersebut, bertempat di Balai Data Kantor Camat Lumban Julu, telah dilangsungkan sosialisasi e-KTP kepada aparat pemerintah dan masyarakat setempat yang dihadiri dan dibuka  secara resmi oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Saat membuka secara resmi sosialisasi ini, dalam sambutannya Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali menghimbau seluruh masyarakat yang telah memperoleh NIK/ Nomor Induk Kependudukan agar disimpan dengan baik untuk nantinya dipergunakan saat pembuatan e-KTP. Sedangkan bagi masyarakat yang belum memperoleh NIK melalui Surat Pemberitahuan Nomor Induk (SPNIK) atau yang masih mendapat kendala untuk memperoleh NIK, Bupati meminta masyarakat untuk segera menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir.

Juga dikatakan Bupati, NIK yang diberikan untuk setiap penduduk bersifat tunggal dan berlaku untuk seumur hidup/ selamanya serta tidak dapat tergantikan. Bupati menambahkan,  e-KTP akan member manfaat dalam mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan palsu. Lebih lanjut dikatakannya, e-KTP sebagai KTP Nasional,  juga akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik dari lembaga pemerintah dan swasta. Karena itu, Bupati meminta seluruh peserta sosialisasi benar-benar dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mengetahui lebih jauh seputar penerapan e-KTP, sehingga penerapan e-KTP nantinya dapat berlangsung dengan baik di wilayah Kabupaten Toba Samosir. “Dengan e-KTP, disamping akan dapat mewujudkan tertib administrasi kependudukan, juga menciptakan keakuratan database penduduk”, ujar Bupati

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Dra. Rosita Siagian, MSi, dalam laporannya menyampaikan, sosialisasi ini akan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebijakan nasional dalam penerapan program e-KTP. Dikatakan Rosita juga, diharapkan nantinya akan tersosialisasi juga kepada masyarakat perihal prosedur dan mekanisme penerapan e-KTP. “Para peserta sosialisasi juga nantinya diharapkan akan dapat berperan sebagai agen sosialisasi lanjutan di lingkungannya masing-masing”, paparnya.

Sosialisasi yang juga diikuti personel Polsek dan Koramil Lumban Julu ini, antara lain diisi dengan paparan tentang seluk beluk dan teknis pelaksanaan e-KTP yang disampaikan Staf Ahli Bupati TA. Dugat Panjaitan dan Lodewyk Panjaitan. Peserta lainnya sosialisasi ini terdiri dari para kepala desa, sekretaris desa, TP-PKK desa serta tokoh agama/ masyarakat/ pemuda dan elemen masyarakat lainnya se-Kecamatan Lumban Julu.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s