BUPATI RESMIKAN JALAN SM. SIMANJUNTAK

Nama Tokoh Masyarakat Toba Samosir  SM. Simanjuntak, secara resmi menjadi nama ruas jalan di Kabupaten Toba Samosir. Jalan SM. Simanjuntak tepatnya berawal dari perbatasan Kecamatan Tampahan dengan Kecamatan Balige sampai perbatasan Kecamatan Tampahan dengan Kecamatan Siborong-borong  Kabupaten Tapanuli Utara. Peresmian nama jalan ini ditandai dengan pembukaan selubung nama jalan, senin (09/04/12), oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, di desa Lintongnihuta Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba Samosir.

Sia Marinus Simanjuntak (SM. Simanjuntak) lahir di Sosorpanggabean, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan pada Tahun 1904. Berbagai jabatan penting pernah dipangku oleh beliau, baik tingkat lokal maupun nasional. Tercatat SM. Simanjuntak pernah menjadi Sekretaris Komite Nasional untuk Tapanuli di Sibolga, Anggota DPR dan Dewan Konstituante. Disamping itu pernah juga menjabat sebagai Ketua DPRD Tapanuli dan Tapanuli Utara, dan terakhir beliau menjabat sebagai Bupati KDH Kabupaten Tapanuli Utara dari Tahun 1958 sampai Tahun 1963. Disamping karirnya tersebut, SM. Simanjuntak, pada jaman penjajahan Belanda ternyata juga adalah seorang jurnalis. Tercatat beliau pernah menjadi redaktur dari beberapa surat kabar (SK) seperti SK. Suara kita, SK. Persatoean, SK. Zaman Kita dan SK. Timboel. Ketika menjadi jurnalis, SM. Simanjuntak secara terang-terangan menentang Belanda melalui tulisan-tulisannya. Pada era Pra Kemerdekaan, beliau juga terlibat dalam perang gerilya menentang Agresi Belanda I dan II. Beliau akhirnya tertangkap dan dipenjara hingga penyerahan kedaulatan oleh Belanda. Demikian sekilas yang terangkum dari riwayat hidup SM. Simanjuntak yang dibacakan pada kesempatan tersebut.

Bupati Toba Samosir dalam sambutan tertulisnya  mengatakan bahwa SM. Simanjuntak merupakan salah seorang tokoh masyarakat Toba Samosir yang semasa hidupnya telah banyak berjuang dalam bidang sosial, politik dan budaya.  Bupati menambahkan pemberian nama jalan SM. Simanjuntak ini, adalah merupakan salah satu wujud dari pemberian penghargaan dan apresiasi pemerintah atas jasa-jasa dan perjuangan beliau selama ini bagi masyarakat. Pada kesempatan ini, Bupati mengharapkan agar kiranya masyarakat Toba Samosir dapat meneladani karya nyata dari almarhum, demi keberhasilan pembangunan di Toba Samosir. Dan kiranya nama beliau akan dikenang sepanjang masa dan pengabdiannya akan menjadi sejarah bagi masyarakat Toba Samosir.

Acara peresmian yang dihadiri oleh keluarga besar Almarhum SM. Simanjuntak dan masyarakat desa Lintongnihuta berlangsung cukup sederhana, diawali dengan Kebaktian singkat. Disamping itu diisi juga dengan penyerahan cenderamata dari pihak keluarga kepada Bupati sebagai wujud ucapan terima kasih, atas penghargaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba Samosir melalui penetapan  nama SM. Simanjuntak menjadi nama Jalan di Kabupaten Toba Samosir.

Pada kesempatan ini turut hadir Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Wakil Ketua DPRD Toba Samosir Jojor Tambunan, Sekdakab Toba Samosir Liberty Manurung, Para Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Toba Samosir dan Uspika Tampahan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s