GROUND BREAKING SMA UNGGUL del DAN “LAUNCHING” DIPLOMA IV PI del DIHADIRI BUPATI TOBASA

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Ketua Dewan Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut Binsar Panjaitan serta Dr. Binsar Nainggolan mewakili pucuk pimpinan HKBP melakukan ground breaking (peletakan batu pertama-red) pembangunan kompleks Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggulan Yayasan Del, Selasa (10/04) di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir.

Melalui Pembangunan SMU Unggulan ini, Jend. (Purn) Luhut Binsar Panjaitan,berharap nantinya, akan lahir peneliti-peneliti yang datang dari dasar sehingga mampu melahirkan manusia-manusia yang berkwalitas yang bisa membawa perubahan untuk masyarakat sekitar, bangsa dan juga untuk Negara. “Komitmen Yayasan Del disamping untuk meningkatkan pendidikan yang berkwalitas untuk masyarakat sekitar, juga ingin melahirkan manusia-manusia yang berkualitas“, ujar Luhut Panjaiatan.

Siswa SMA Unggulan Del ini sendiri akan mulai tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa pertama yang diterima sebanyak 128 orang dan sementara tenaga Pendidik sebanyak 29 orang yang semuanya direkrut dari daerah sekitar Del. Menunggu rampung nya pembangunan kompleks sekolah ini yang direncanakan akan selesai pada Juli 2013, siswa/I SMA Unggulan Del ini, sementara akan memanfaatkan fasilitas belajar pada Politeknik Informatika Del.

Selepas melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMU Unggulan Del, acara dirangkai dengan launching Program Diploma IV Politeknik Informatika Del. Hal ini dilakukan untuk dapat mengimbangi perkembangan sektor teknologi informasi yang bergerak dinamis dan sangat pesat yang mengakibatkan tingginya permintaan pasar industri teknologi informasi akan sumber daya manusia di bidang tersebut.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak  pada kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terobosan yang dilakukan Jend (Purn) Luhut Panjaitan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Toba Samosir khususnya. Menurut Bupati, peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan yang bermutu, akan mampu meningkatkan taraf hidup manusia ke arah yang lebih baik. Melihat keberadaan PI del yang sangat strategis dan telah menjadi lembaga pendidikan dambaan bagi siswa/i lulusan pendidikan menengah di Toba Samosir bahkan hingga seantoro Nusantara, Bupati berharap kedepannya, siswa/i SMU Unggulan Del dan mahasiswa/i PI del akan mampu menjadi manusia handal, kreatif, inovatif, kompeten di bidangnya serta berkarakter. “Yayasan Del telah dikenal dan diakui kualitasnya”, kata Bupati.

Acara juga dirangkai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) untuk kerjasama penelitian dan pendidikan di bidang Bioteknologi antara PI del melalui DEL Core dengan Czech University of Life Science (CULS) dari Republik Ceko. Pada penandatangan MoU tersebut, CULS diwakili Prof David Helak, sedangkan dari pihak Del oleh Direktur Politeknik Del DR  Arlinta Barus serta Ketua Harian Yayasan Del Patuan Simatupang. Juga disepakati, pelaksanaan Summer School 2012 di PI del pada bulan Juli dan Agustus 2012 mendatang.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, Rektor Universitas HKBP Nommense Medan Dr Jongker Tampubolon, serta Prof Dr Ir Acmad Sazidie MEg mewakili Dirjen Dikti, Prof Dr (HC) Willi Toisutta dari Willi Toisutta Associates. Sebelumnya, Prof. Willi Toisutta  juga melakukan paparan tentang metode pengajaran yang disebutnya dengan istilah “4 T”, yakni telaah, teliti, tata dan teratur.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

About these ads
This entry was posted in Humas and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s