BUPATI TOBA SAMOSIR BUKA BIMTEK PENGADAAN BARANG/JASA

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak membuka secara resmi pelaksanaan pelatihan/ bimbingan teknis dan ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang/ jasa di lingkup Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang dilaksanakan di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea, Senin (16/04/2012).

Dalam sambutannya, Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 disebutkan bahwa setiap pengelola barang/ jasa di lingkungan pemerintah dalam hal ini pejabat pembuat komitmen, pejabat pengadaan dan pejabat Unit Layanan Pengadaan (ULP) diwajibkan memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang/ jasa pemerintah. Berkaitan dengan itu, maka untuk Tahun 2012 seluruh pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah dilaksanakan melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang telah dibentuk sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 91 Tahun 2011. Karenanya, kepada para pimpinan SKPD yang telah mengirimkan stafnya untuk mengikuti pelatihan agar benar-benar memberdayakan para peserta pelatihan ini dalam proses pengadaan barang/ jasa di instansi masing-masing. Khusus bagi instansi yang belum melaksanakan proses lelang, Kasmin Simanjuntak mengingatkan agar proses lelang tersebut dapat dilaksanakan dengan mempedomani peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan diadakannya pelatihan ini, ujar Kasmin Simanjuntak, maka seluruh peserta bimbingan teknis diharapkan akan memperoleh peningkatan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap dalam melaksanakan tugas jabatan sebagai pengelola pengadaan barang/ jasa pemerintah secara professional dan beretika.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Toba Samosir Hormat Panjaitan, S.IP, Kabag Administrasi Pembangunan Martua Tumpal Malau, SP, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, S.E, para pimpinan SKPD, Sutan Suangkupon Lubis dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah, dan para narasumber serta peserta pelatihan.

Dari hasil pantauan di lapangan, terlihat para peserta antusias dan serius mendengarkan paparan dari para narasumber pelatihan. Sebagai informasi, pelatihan/ bimbingan teknis ini diikuti 50 orang peserta dari berbagai instansi di lingkungan Pemkab Toba Samosir dan akan berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 16 s/d 20 April 2012, serta pelaksanaan ujian sertifikasi keahlian yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2012.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s