BUPATI TOBA SAMOSIR RESMIKAN PROYEK FISIK PNPM-MP TAHUN 2011 KECAMATAN LUMBAN JULU

Sesuai komitmen Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Lumban Julu, untuk Tahun Anggaran 2011 telah dialokasikan anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan sebesar Rp. 1,75 Milyar untuk pembangunan infrastruktur perdesaan di 6 desa di Kecamatan Lumban Julu yang terdiri dari 7 kegiatan pembangunan fisik.

Hal ini diungkapkan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak saat meresmikan kegiatan fisik PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2011 dan pembinaan Desa Percontohan Menuju Objek Wisata di Desa Jangga Dolok Kecamatan Lumban Julu, Rabu (18/04/2012).

Berkaitan dengan itu, Kasmin Simanjuntak meminta agar para pelaku PNPM Mandiri Perdesaan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sungguh-sungguh, sehingga penyelenggaraan PNPM di Kecamatan Lumban Julu  dapat berhasil dengan baik sehingga menjadi unit pengeloala terbaik hingga ke tingkat Sumatera Utara atau bahkan nasional.

Di lain sambutannya, Kasmin Simanjuntak juga mengajak masyarakat Lumban Julu khususnya Desa Jangga Dolok untuk terlibat aktif dalam program pembinaan Desa Percontohan Menuju Objek Wisata Tingkat Kabupaten Toba Samosir yang akan diperlombakan di Tingkat Propinsi Sumatera Utara pada tahun 2012 ini.

“Saya mengajak masyarakat untuk bergotong royong menjaga kelestarian lingkungan dan bersikap ramah sehingga tercipta lingkungan yang asri dan nyaman dengan  melaksanakan Poda na Lima yang bermakna Paias Roham (bersih hati), Paias Pamatangmu (bersih badan), Paias Paheanmu (bersih pakaian), Paias Jabum (bersih rumah), Paias Alamanmu (bersih lingkungan)”, ujar Kasmin.

Pada kesempatan itu, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga menyerahkan secara simbolis alokasi dana PNPM Mandiri Perdesaan tahun 2012 untuk Kecamatan Lumban Julu sebesar Rp. 1,75 Milyar kepada pengurus unit pengelola kegiatan Kecamatan Lumban Julu yang nantinya akan diproses melalui tahapan sesuai ketentuan petunjuk teknis yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri RI.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua TP. PKK Toba Samosir Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Kepala Badan PMPD Labinsar Sirait, S.Sos, M.Si, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, SE, para piminan SKPD, Plt. Camat Lumban Julu Anggraeni Purba SE, uspika dan para kepala desa, serta masyarakat Kecamatan Lumban Julu.

Sebagai informasi, 7 kegiatan pembangunan fisik PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Lumban Julu berupa pipanisasi sepanjang 1319 meter di Desa Jonggi Nihuta, pengaspalan jalan 380 meter di Desa Jonggi Nihuta, pembangunan saluran irigasi 1004 meter di Desa Jangga Dolok, perkerasan jalan 1330 meter di Desa Hutanamora, perkerasan jalan 2030 meter di Desa Sionggang Selatan, pipanisasi 7825 meter di Desa Aeknatolu Jaya , dan perkerasan jalan 1500 meter di Desa Lintong Julu.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s