Berita Terbaru

PROMOSI WISATA, PEMKAB TOBASA AKAN GELAR PESONA BUDAYA DI TMII

(ilustrasi : Tari Cawan pada HUT Ke-13 Toba Samosir (12/03))

Untuk lebih memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Toba Samosir, Pemkab Toba Samosir melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan menggandeng Yayasan Pusuk Buhit Sakti, akan mementaskan pagelaran “Malam Pesona Budaya Toba Samosir” pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah ke-37, pada hari Jumat mendatang (27/04), pukul 19.00 Wib di Jakarta. “Melalui pagelaran tersebut, potensi pariwisata Toba Samosir diharapkan akan lebih dikenal di tingkat nasional bahkan hingga di kancah internasional”, ujar Robert Pardede, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Toba Samosir yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/04) di Balige.

Dikatakannya juga, pagelaran ini merupakan salah satu upaya dalam menarik minat para investor untuk berinvestasi di Toba Samosir khususnya di sektor industri wisata.  Selama pagelaran berlangsung, akan ditampilkan beberapa kesenian Batak seperti Opera “Asal Mula Tunggal Panaluan” dan pertunjukan “Tari Sipitu Sawan” yang diiringi alat musik tradisional Batak yang dibawakan Yayasan Pusuk Buhit Sakti pimpinan Prof Sori Mangaraja Sitanggang. Lebih lanjut kata Robert, pagelaran pesona budaya ini juga akan dihibur tembang-tembang Batak yang dibawakan  artis-artis Batak di Jakarta seperti Trio Lamtama, Tobasa Idol dan lainnya.  Malam pesona budaya Toba Samosir yang akan berlangsung selama 4 jam ini, direncanakan akan disaksikan para undangan yang terdiri dari para Duta Besar dari 22 negara, Anggota DPR dan DPD RI daerah pemilihan Sumatera Utara, para tokoh adat/ masyarakat Toba Samosir di Jakarta, pemerhati pembangunan Toba Samosir serta undangan lainnya.

Sementara, dalam upayanya menggalakkan sektor industri pariwisata di Toba Samosir, Robert mengatakan akan senantiasa berupaya membuat terobosan-terobosan baru menggalakkan industry wisata tersebut, seperti terciptanya berbagai even yang kreatif dan inovatif sebagai agenda tetap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba SAmosir. “Potensi wisata Toba Samosir sangat komplit untuk menggelar berbagai even yang kreatif yang diharapkan akan menarik minat para wisatawan”, kata Robert.  Di samping itu menurutnya, setelah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan setelah melalui berbagai upaya yang ditempuh, dalam waktu dekat, pengelolaan pariwisata Toba Samosir akan dapat disesuaikan dengan paradigma baru pengelolaan industry pariwisata yang disebut dengan Destination Management Organization (DMO). Pengelolaan DMO menurutnya akan dilakukan secara terpadu antar lembaga pemerintah, swasta, organisasi profesi dan elemen masyarakat lainnya yang berhubungan dengan kegiatan pariwisata. Ditambahkan Robert, dengan DMO ini, pengelolaan pariwisata diharapkan pada terciptanya pembangunan ekonomi warga dan pengembangan wilayah. “Untuk wilayah Sumatera Utara, Toba Samosir akan bergabung dengan Simalungun dan Samosir yang sebelumnya telah membentuk DMO”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s