HARI OTONOMI DAERAH KE XVI DIPERINGATI DI TOBA SAMOSIR

Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Liberty Manurung bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) Ke-XVI tingkat Kabupaten Toba Samosir yang digelar di pelataran Kantor Bupati Toba Samosir, Rabu (25/04) di Balige.  Dalam upacara ini, juga dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera dari Kantor Satuan Polisi Pamong Praja yang langsung dipimpin Kakan Satpol PP Drs. TH Sihombing yang bertindak selaku Pemimpin Upacara. Sementara, perwira upacara  dijabat Drs. Oloan Pane yang sehari-hari menjabat Kabag Pemerintahan Setdakab Toba Samosir.

Dalam amanatnya, Liberty meminta agar para pejabat dan seluruh PNS di lingkungan Pemkab Toba Samosir untuk lebih bijak menyikapi makna otonomi daerah, sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Toba Samosir khususnya dapat tercapai dalam berbagai sektor. “Marilah dengan kerelaan hati dan penuh tanggung jawab,  kita emban amanah untuk meningkatkan kualitas otonomi daerah, sehingga efektifitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat berjalan sebagaimana mestinya”, ajak Liberty ke seluruh jajarannya.

Sementara dalam sambutan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, yang dibacakan Liberty, disebutkan bahwa peringatan Hari OTDA, dapat dijadikan sebagai media bagi jajaran pemerintah dan pemerintah daerah untuk merefleksikan serta memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran bersama akan tugas dan tanggung jawab menjadikan daerah lebih mandiri, maju dan sejahtera dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut Mendagri, penyerahan sebagian besar urusan pemerintahan kepada pemerintah daerah, telah menempatkan pemerintah daerah sebagai ujung tombak pembangunan nasional untuk menghasilkan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi daerah yang merata serta penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran. Karena itu, menurutnya diperlukan peningkatan kapasitas dan kompetensi aparatur pemerintahan daerah dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat serta menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Terkait dengan maraknya kecenderungan pemekaran daerah belakangan ini, Mendagri menilai belum optimal memberikan pengaruh terhadap derajat kesejahteraan masyarakat, sebab itu katanya, diperlukan penyempurnaan pengaturan yang dapat menjamin pemekaran daerah akan bermanfaat bagi masyarakat. Hal serupa juga menurut Mendagri akan dilakukan dalam aspek-aspek penyelenggaraan pemerintahan lainnya.

Upacara yang dihadiri para pejabat dan staf  serta karyawan di lingkungan Pemkab Toba Samosir ini berlangsung dengan penuh hikmat.  Adapun tema yang diangkat para perayaan ini, adalah “Kita Tingkatkan Kualitas Otonomi Daerah untuk Efektifitas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah menuju Kesejahteraan Masyarakat”.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s