BUPATI RESMIKAN BEBERAPA KEGIATAN FISIK PNPM-MP DI NASSAU

“Melalui Program PNPM-Mandiri Perdesaan, kepentingan prioritas masyarakat benar-benar dapat terpenuhi”, ujar Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Menurutnya, hal ini disebabkan karena program ini, melibatkan masyarakat pada keseluruhan pelaksanaan kegiatan mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelestarian atau pemeliharaan. Masih menurut Bupati, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), telah dapat menjawab kurang optimalnya  sistem pembangunan yang terlaksana selama ini dalam memenuhi skala prioritas kebutuhan masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak ketika meresmikan beberapa kegiatan fisik PNPM-MP TA. 2011 di Kecamatan Nassau, Kamis (03/05) bertempat di Gereja HKBP Paridian Nassau.

Persemian kegiatan fisik PNPM-MP TA. 2011 ini, ditandai dengan penandatangan prasasti masing-masing kegiatan fisik yang juga disaksikan Wakil Bupati Liberty Pasaribu. Atas bangunan yang diresmikannya tersebut, Bupati meminta Tim Pemelihara yang sudah dibentuk, agar melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga manfaat infrastruktur yang sudah terbangun tersebut dapat dinikmati untuk waktu yang lama.

Beberapa bangunan atau kegiatan fisik yang diresmikan Bupati tersebut, meliputi Perkerasan Jalan/ Telford di Desa Cinta Damai dengan alokasi dana Rp. 307.620.000,- serta didukung swadaya masyarakat sebesar Rp. 2.500.000,-. Dari target volume sepanjang 2.000 meter, telford ini dapat direalisasikan hingga 2.050 meter. Kegiatan fisik lainnya, yakni Pemasangan Pipanisasi Air Bersih sepanjang 2.500 meter di Desa Lumban Rau Utara dengan alokasi dana Rp. 205.874.000,- dan dukungan swadaya masyarakat sebesar Rp. 2.000.000,-. Juga diresmikan Bupati, pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Desa Batu Manumpak yang dapat direalisasikan sepanjang 86 meter dari sebelumnya target volume hanya sepanjang 50 meter. Tembok Penahan Tanah yang dibangun ini menghabiskan dana sebesar Rp. 88.156.000,- dibantu swadaya warga sebesar Rp. 760.000,-. Untuk kegiatan fisik di Desa Sipagabu,  diresmikan kegiatan Perkerasan Jalan/ Telford sepanjang 2.000 meter, dengan alokasi dana sebesar Rp. 258.410.000,- serta swadaya warga sebesar Rp. 2.500.000,-. Sementara di Desa Lumban Rau Tengah, juga diresmikan Pembangunan 3 (tiga) unit MCK yang menghabiskan dana sebesar Rp. 184.951.000,- serta swadaya sebesar Rp. 1.200.000,-. Kegiatan fisik yang terakhir, yakni Perkerasan Jalan/ Telford di Desa Lumban Rau Timur sepanjang 2.300 meter, berbiaya Rp. 327.490.000,- ditambah swadaya warga sebesar Rp. 2.850.000,-

Berdasarkan laporan Camat Nassau Baktiar Simanjuntak, alokasi dana PNPM-MP TA. 2011 untuk Kecamatan Nassau sebesar Rp. 1.750.000.000,- dengan perincian untuk kegiatan pembangunan sarana prasarana/ fisik sebesar Rp. 1.410.527.000,- dan alokasi untuk Simpan Pinjam Perempuan (SPP) sebesar Rp. 339.473.000,-. Ditambahkan Bakhtiar, untuk Kelompok Simpan Pinjam Perempuan yang berhasil didanai sebanyak 11 kelompok dari beberapa desa di Kecamatan Nassau.

Setelah meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP tersebut, untuk kelanjutan PNPM-MP TA.2012 di Kecamatan Nassau, secara simbolis, Bupati juga menyerahkan alokasi dana PNPM-MP TA. 2012 yang diterima para pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Nassau yang diketuai Abrintol Silaen, Sekretaris Saripa Sagala dan Bendahara Arena Napitupulu. Selepas itu, Bupati didampingi rombongan juga menyempatkan meninjau salah satu kegiatan fisik yang diresmikan yakni Pipanisasi Air Bersih Desa Lumban Rau Utara. Berdasarkan keterangan yang diperoleh saat Bupati berdialog dengan pelaku-pelaku PNPM-MP Kecamatan Nassau, pipanisasi air minum ini mampu memenuhi pasokan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga bagi 40 KK di Lumban Rau Utara.

Menanggapi pembangunan sarana-prasarana yang didanai PNPM-MP di Kecamatan Nassau, Uba Siagian sebagai salah satu tokoh masyarakat setempat, menilai pembangunan tersebut telah berhasil menjawab kebutuhan warga sekitar. Senada dengan Uba, Kades Lumban Rau Timur Muara Pardosi mengatakan, mengingat besarnya manfaat PNPM-MP ini, kiranya pemerintah akan membuat program ini secara terus-menerus dan berkesinambungan.

Dalam peresmian dan peninjauan pembangunan fisik PNPM-MP Kecamatan Nassau ini, terlihat hadir Wakil Bupati Liberty Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Toba Samosir Rahmat K. Manullang, Ketua TP PKK Toba Samosir Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Asisten Ekonomi Pembangunan Hormat Panjaitan, SP, Kepala Badan PM dan PD Labinsar Sirait, SE, MSi, para fasilitator dan pelaku PNPM-MP tingkat Kabupaten dan Kecamatan Nassau, para kepala desa di Kecamatan Nassau, Tokoh Agama/ Adat/ Masyarakat setempat, undangan lainnya serta masyarakat setempat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s