UJIAN NASIONAL TINGKAT SD/ MI DI TOBASA BERLANGSUNG KONDUSIF

Hingga hari ke-2 pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar di wilayah Kabupaten Toba Samosir, berjalan tertib dan kondusif.  Sebanyak 4.256 orang siswa/i pada sekolah dasar negeri/ swasta, akan berjuang memperoleh kelulusan untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi pada UN yang dijadwalkan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 07 Mei hingga 09 Mei 2012. Penyelenggaraan UN ini, tidak terlepas dari perhatian dan pantauan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Dalam salah satu monitoring yang dilakukan, Selasa (08/05), Bupati didampingi Kadis Pendidikan Dra. Mariani meninjau pelaksanaan UN di SD Negeri 177066, Sitoluama, Kecamatan Laguboti.  Sepanjang monitoring yang dilakukan, terlihat para siswa/i dengan tertib dan tekun mengerjakan mata pelajaran yang diujikan. Selama mengikuti ujian dari pukul 08.00 wib hingga 10.00 wib, suasana lokasi ujian juga terlihat begitu nyaman dan terhindar dari kebisingan.

Berdasarkan data yang diperoleh, Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan mengatakan, untuk SDN 177066 Sitoluama, sebanyak 81 orang siswa/i SD mengikuti UN di sekolah tersebut,  dengan menggunakan 5 ruangan ujian. Masing-masing ruangan ujian diawasi 2 (dua) orang pengawas. Sedangkan untuk mata pelajaran yang diujikan, terdiri dari mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia.

Sementara itu, di tempat terpisah, Selasa (08/05), Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu juga melakukan monitoring UN SD di sejumlah SD di Kecamatan Sigumpar. Dalam monitoring kali ini, Wakil Bupati terlihat didampingi staf ahli Bupati TA. Dugat Panjaitan dan UPTD Diknas Kecamatan Sigumpar. Sebagaimana pengamatan di lapangan, UN SD di wilayah tersebut juga berlangsung dengan lancar. Wabup berharap, para siswa/I dalam  UN ini, dapat mengikutinya dengan baik sehingga tingkat kelulusan akan semakin meningkat dari  tahun-tahun sebelumnya.

Seputar giatnya monitoring yang dilakukan dalam setiap UN, juru bicara Pemkab Toba Samosir ini juga mengatakan, monitoring ini dimaksudkan sebagai wujud kepedulian dalam penyelenggaraan pendidikan dasar yang layak serta suksesnya tahapan penyelenggaraan pendidikan, dalam hal ini bagi siswa/i sekolah dasar. “Peningkatan kualitas sumber daya manusia, merupakan salah satu prioritas pembangunan di Toba Samosir”, kata Elisber.

Kadis Pendidikan melalui Kabid Kurikulum Baktiar Sirait menjelaskan, untuk UN tingkat SD di wilayah Kabupaten Toba Samosir dibagi menjadi 16 rayon pada 16 kecamatan,  dimana setiap kecamatan ditetapkan menjadi 1 (satu) rayon, jumlah sub-rayon keseluruhan sebanyak 41,. Ditambahkannya, untuk masing-masing rayon, dibagi beberapa sub rayon dengan perincian, Kecamatan Balige menjadi 6 sub-rayon, Laguboti sebanyak 4 sub-rayon, Sigumpar 2 sub-rayon, Silaen 3 sub-rayon, Porsea 3 sub-rayon, Lumban Julu 2 sub-rayon, Uluan 2 sub-rayon, Ajibata 1 sub-rayon, Pintu Pohan Meranti 3 sub-rayon, Habinsaran 5 sub-rayon, Borbor 2 sub-rayon, Nassau 2 sub-rayon, Tampahan 1 sub-rayon, Siantar Narumonda 2 sub-rayon, Bonatua Lunasi 1 sub-rayon dan Parmaksian sebanyak 2 sub-rayon.

Untuk sistem pengawasan, Baktiar mengatakan, sistem dan mekanisme pengawasan yang dilakukan tidak berbeda dengan sistem pengawasan yang dilakukan pada UN tingkat SMP/MTs yang lalu. “sistem pengawasan menggunakan metode silang murni, guru-guru akan mengawas pada SD lain, diluar tempatnya bertugas selama ini”, jelas Baktiar. Disamping pengawas ujian pada setiap kelas, masih menurut Baktiar, juga ditugaskan pengawas dari tingkat kabupaten. Bahkan katanya, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara juga mengirimkan pengawas sebanyak 5 (lima) orang, untuk melakukan monitoring UN di Toba Samosir.

Sedangkan untuk pengamanan lokasi ujian, masih menurut Baktiar, di setiap lokasi ujian, didukung dengan 2 (dua) orang petugas keamanan dari pihak kepolisian. “Disamping menjaga keamanan dan ketertiban, hal ini juga dimaksudkan untuk pengamanan distribusi soal-soal ujian dan lembar jawaban”, pungkas Sirait.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s