BUPATI TINJAU SEKALIGUS RESMIKAN KEGIATAN FISIK PNPM-MP DI TAMPAHAN

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak sangat optimis, dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) yang menekankan pada pemberdayaan masyarakat, dapat menghilangkan kelompok marginal di masyarakat. “PNPM-MP juga mendorong kemandirian desa, dalam menentukan arah pembangunan di desa”, ujar Bupati. Hal tersebut disampaikannya, pada peninjauan sekaligus peresmian kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011 di Kecamatan Tampahan, Rabu (09/05) yang dipusatkan di Dusun I Pasar Tampahan, Desa Gurgur Aek Raja. Masih menurut Bupati, PNPM-MP juga telah berhasil membangun hubungan yang efektif antara lembaga masyarakat dengan pemerintah serta pihak lainnya, untuk bersama-sama dalam upaya percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk kesinambungan pelaksanaan PNPM-MP TA 2012 di Kecamatan Tampahan, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, secara simbolis menyerahkan alokasi dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 650.000.000,- yang diterima pengurus Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Tampahan. Peresmian kegiatan fisik PNPM-MP Kecamatan Tampahan TA 2011 ini, ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh Bupati pada masing-masing prasasti kegiatan fisik tersebut. Sebelum diresmikan, Bupati menyempatkan melakukan peninjauan pembangunan irigasi Tobas sebagai salah satu bangunan yang berhasil dibangun dari dana PNPM-MP TA 2011.

Dalam penyusunan atau pengusulan pembangunan sarana-prasarana yang didanai PNPM-MP di masa mendatang, Bupati menghimbau, agar usulan yang diajukan juga memprioritaskan pembangunan sarana sosial, seperti pembangunan Poskesdes, gedung PAUD, pembangunan balai pertemuan desa dan bangunan lainnya yang sejenis. Sedangkan, untuk bangunan-bangunan yang sudah berhasil dibangun dan telah diserah terimakan kepada masyarakat, Bupati meminta, agar dapat dipelihara dan dipergunakan sebaik mungkin sehingga manfaatnya dapat dinikmati untuk jangka waktu yang lama.

Sementara Camat Tampahan, Ridolf Simanjuntak, SH dalam laporannya mengatakan, untuk Tahun Anggaran 2011, Kecamatan Tampahan memperoleh alokasi dana BLM PNPM-MP sebesar Rp. 1.000.000.000,-. Dan setelah melalui mekanisme dan tahapan pelaksanaan kegiatan sebagaimana diatur dalam Petunjuk Teknis Operasional PNPM-MP, alokasi dana tersebut telah berhasil dimanfaatkan untuk pembangunan 4 (empat) jenis pembangunan sarana-prasana/ fisik pada 3 (tiga) desa. Dijelaskan Ridolf, adapung kegiatan fisik yang berhasil dibangun tersebut, berupa Rehab dan Pengaspalan Jalan sepanjang 1.000 meter dan Pembangunan Tembok Penahan Tanah sepanjang 364 meter di Desa Tangga Batu Barat. Masing-masing pembangunan fisik ini menyerap dana BLM sebesar Rp. 190.710.000,-  dan Rp. 188.297.000,-. Disamping dana BLM, warga Desa Tangga Batu Barat juga mendukung dengan swadaya sebesar Rp. 5.100.000,- dan Rp. 4.340.000,- untuk setiap kegiatan.

Masih kata Ridolf, di Desa Tarabunga, juga berhasil dilakukan kegiatan Perkerasan dan Pengaspalan Jalan dengan volume sepanjang 1.000 meter, serta menyerap dana sejumlah Rp. 303.003.000,-. “Warga Desa Tarabunga juga memberikan partisipasinya berupa swadaya sebesar Rp. 6.750.000,-“, jelasnya. Sedangkan di Desa Gurgur Aek Raja, telah dibangun saluran irigasi sepanjang 1.000 meter dengan dukungan swadaya warganya senilai Rp. 4.340.000,- “Irigasi tersebut merupakan irigasi yang ditinjau Bapak Bupati tadi, adapun dana yang terserap untuk pembangunannya, sebesar Rp. 317.990.000”, papar Ridolf. Senada dengan Bupati, Ridolf juga yakin, PNPM-MP melalui berbagai kegiatan fisik dan SPP akan dapat meningkatkan taraf hidup warganya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s