BUPATI : PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UPAYA WUJUDKAN KESETARAAN GENDER

“Untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, harus dilakukan upaya pemberdayaan perempuan dan peningkatan peran perempuan dalam proses pengambilan kebijakan pada semua tahapan pembangunan”, kata Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Masih menurut Bupati, agar terciptanya percepatan kesetaraan dan keadilan gender tersebut, diperlukan komitmen yang kuat dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Karena itu, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menghimbau jajarannya, khususnya para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk mengambil peranan sebagai penggerak dalam pengarusutamaan gender di daerah, dengan menjadikan pembangunan berwawasan gender sebagai bagian dari suatu aktifitas kebijakan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Kamis (10/05) di Balige pada Kegiatan Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender bagi Perempuan tingkat Kabupaten Toba Samosir. Kegiatan ini, merupakan program kerja Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPPAKB) Kabupaten Toba Samosir dengan menghadirkan narasumber dari Biro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Setdaprovsu dan dari Bappeda Kabupaten Toba Samosir. Sementara para peserta yang menghadiri kegiatan ini, terdiri dari kelompok kerja Pengarusutamaan Gender (PUG), Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan para camat se-Kabupaten Toba Samosir. Disamping menggunakan metode paparan dalam penyajian materi advokasi dan fasilitasi gender, juga diisi dengan sesi diskusi antara peserta dengan narasumber.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana, dr. Frida Sinaga dalam keterangannya menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan akan pentingnya isu gender dalam kebijakan pembangunan. Disamping itu, kata Frida, para pengambil kebijakan diharapkan akan termotivasi pada Perencanaan Penganggaran yang Responsive Gender (PPRG). Harapannya, pada berbagai sektor pembangunan akan terlaksana pengintegrasian gender dalam perencanaan dan penganggaran, khususnya di masing-masing SKPD.

Menanggapi pentingnya isu kesetaraan gender ini, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Elisber Tambunan mengatakan, kesetaraan gender merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dalam keseluruhan proses pembangunan nasional. Karena itu, kata Elisber, Pemkab Toba Samosir dalam hal ini Badan PPAKB berupaya menjadi fasilitator yang efektif dalam pengarusutamaan gender ini. “Hal ini mempedomani sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional”, pungkas Elisber.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s