BUPATI TOBASA : PNPM-MP TERBUKTI UNGGUL MENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN

Pelaksanaan pembangunan yang menekankan pada prinsip-prinsip kebersamaan, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan serta menganut prinsip kemandirian, telah terbukti mampu mendorong partisipasi dan swadaya masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan, kata Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Disamping itu, menurut Bupati, dengan prinsip-prinsip tersebut, juga terbukti unggul dalam penanggulangan kemiskinan karena mampu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola kegiatan pembangunan. Demikian dikatakan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengenai konsep pembangunan yang diterapkan pada pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat- Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), ketika melakukan peresmian beberapa kegiatan fisik pembangunan sarana-prasarana yang didanai PNPM-MP di Kecamatan Laguboti, Jumat (11/05) di Desa Gasaribu, Toba Samosir. Peresmian kegiatan fisik PNPM-MP ini, ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh Bupati pada masing-masing prasasti kegiatan fisik yang telah dibangun, dengan disaksikan Camat Laguboti Taruli Siagian, SH dan Kepala Badan PM dan PD Kabupaten Toba Samosir Labinsar Sirait, SE, MSi.

Masih menurut Bupati dalam arahannya, keunggulan PNPM-MP juga terlihat dari kuatnya keterbukaan dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan. Karena itu, Bupati menghimbau para pelaku-pelaku PNPM baik di tingkat Kabupaten, kecamatan dan desa untuk tetap bersungguh-sungguh dalam menjalankan program ini. Bupati juga meminta Tim Koordinasi PNPM-MP dan Fasilitator Kabupaten, untuk melakukan penilaian dan pemilihan terhadap pelaku PNPM-MP yang berprestasi, sehingga nantinya dapat diberikan penghargaan, serta selanjutnya diusulkan untuk ikut berkompetisi sebagai pelaku PNPM-MP terbaik baik di tingkat provinsi ataupun tingkat nasional.

Senada dengan Bupati, Camat Laguboti Taruli Siagian mengatakan, pelaksanaan PNPM-MP sangat berperan dalam membantu mengangkat taraf hidup warganya, baik melalui kegiatan pembangunan fisik dan pemberian bantuan modal lewat simpan pinjam perempuan. Untuk Tahun Anggaran 2011, Taruli menjelaskan, melalui alokasi dana Bantuan Langsung Masyarakat/ BLM PNPM-MP bagi Kecamatan Laguboti, telah berhasil dibangun saluran irigasi sepanjang 400 meter di Desa Lumban Binanga dan Desa Ompu Raja Hutapea. “Sementara untuk Desa Gasaribu, saluran irigasi juga telah berhasil dibangun sepanjang 1.142 meter”, paparnya.

Sementara, Kepala Badan PM dan PD Kabupaten Toba Samosir, Labinsar Sirait, SE, MSi menambahkan, bahwa untuk kelanjutan pelaksanaan PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir, telah berhasil diperoleh kucuran dana sebesar Rp. 19.300.000.000,-, yang nantinya akan dialokasikan pada 16 kecamatan di Toba Samosir. “Untuk Kecamatan Laguboti, mendapat alokasi sebesar Rp. 900.000.000,-, yang nantinya akan digunakan untuk mendanai 4 kegiatan pembangunan fisik dan 5 kelompok simpan pinjam perempuan atau SPP”, pungkas Labinsar.

Acara yang berlangsung akrab ini, juga diisi dengan ramah tamah antara Bupati dengan Uspika Kecamatan Laguboti, para kepala desa se-Kecamatan Laguboti serta para pelaku PNPM-MP di Kecamatan Laguboti. Turut serta dalam rombongan Bupati pada pelaksanaan kegiatan ini, antara lain Staf Ahli Bupati TA. Dugat Panjaitan dan Lodewyk Panjaitan, serta Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s