BUPATI : JADIKAN PASKAH SEBAGAI ALAT PEMERSATU DAN SARANA KEBERSAMAAN

Dengan adanya kebersamaan, kehidupan bermasyarakat akan berjalan baik, dan pemerintah akan semakin berdaya dalam menata dan menjalankan program pembangunan di segala sektor, kata Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, pada Perayaan Paskah Gereja Katolik se-Paroki St. Yosef Parsoburan. Kegiatan ini juga sekaligus dirangkai dengan “pangompoion” (peresmian-red) perumahan Pastoran St. Yosef serta pemberian Sakramen Krisma bagi Jemaat St. Yosef, di halaman Pastoran St. Yosef, Parsoburan, Kecamatan Habinsaran, Minggu (13/05).

Dalam sambutan Paskah-nya bagi jemaat Gereja St. Yosef Parsoburan, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga menyatakan, bahwa dengan merayakan Paskah, ada iman pengharapan, dimana yang percaya telah dimenangkan melalui kebangkitan Yesus Kristus. Dengan Paskah juga menurut Bupati, telah membebaskan manusia dari kehidupan kekhawatiran dan ketakutan ke dalam kehidupan yang penuh suka cita dan pengharapan.

Sementara dengan diresmikannya perumahan Pastoran St. Yosef Parsoburan, setelah sebelumnya diberkati langsung oleh Uskup Agung Medan Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFM, Cap, Bupati menyatakan rasa bangga dan salutnya atas berdirinya bangunan tersebut, serta yakin bahwa bangunan tersebut dapat berdiri karena didorong adanya semangat “praternitas” (persaudaraan-red) dan semangat Kristenitas atau kesetiaan akan Kristus. Masih menurut Bupati, semangat moralitas dan rasa ingin memiliki dalam pembangunan Pastoran tersebut, telah berhasil memadukan pembangunan mental sprituil dan pembangunan fisik. “Dalam arti kata, pembangunan fisik sudah seimbang dan selaras dengan pembangunan mental spiritual”, kata Bupati.

Sebelumnya, acara ini diawali dengan prosesi penyambutan Uskup Agung Medan dan rombongan Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir dengan melakukan pengalungan bunga, yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Toba Samosir sebagai tanda diresmikannya penggunaan Pastoran St. Yosef Parsoburan. Juga dilakukan pemberkatan atas gedung diresmikan serta peninjauan ruangan bangunan Pastoran. Dalam pemberian Sakramen Krisma, Uskup Agung Medan Mgr. Anicetus B. Sinaga OFM, Cap langsung memimpin prosesi yang meliputi Pembaharuan Janji Permandian dan pelaksanaan “Credo” (Pengucapan Janji Kepercayaan akan Yesus Kristus-red).

Kegiatan yang berlangsung sederhana namun penuh hikmat ini, dihadiri hampir seribu jemaat Gereja Katolik, baik yang berasal dari Paroki St. Yosef maupun dari paroki-paroki lainnya di Toba Samosir. Juga hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Liberty Pasaribu beserta ibu, anggota DPRD Prov. Sumatera Utara Ir. Oloan Simbolon, anggota DPRD Toba Samosir Viktor Silalahi, Dapot H. Lubis dan Pola M. Simanjuntak, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan Pimpinan SKPD, Camat Habinsaran Sabam Pardosi, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Adat di Kecamatan Habinsaran dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s