WABUP MINTA DEKOPINDA MAMPU WUJUDKAN TATA EKONOMI YANG BERKEADILAN

Dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (MUSDALUB) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kabupaten Toba Samosir yang dilaksanakan di Aula Dinas Perindagkop, di Jl. Gereja, Balige, pada hari Senin (14/05), Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, menghimbau para pengurus DEKOPINDA Kabupaten Toba Samosir yang terpilih, untuk meningkatkan pembinaan terhadap Gerakan Koperasi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia koperasi dan dapat memupuk kerjasama antar koperasi ataupun dengan badan usaha lainnya baik di tingkat nasional hingga internasional.

Masih menurut Wabup Liberty Pasaribu, dengan keberadaan Dekopinda, diharapkan akan mampu meningkatkan advokasi, hingga koperasi mendapatkan akses dan peluang yang lebih besar dalam perekonomian nasional. Dan untuk mendapatkan pencapaian tersebut, Wabup meminta adanya peningkatan peranan wanita dan pemuda dalam bidang perkoperasian.

Di lain sambutannya, sebagaimana tujuan dibentuknya DEKOPINDA dalam membina dan mengembangkan kemampuan koperasi, Wabup Liberty Pasaribu meminta Dekopinda tetap mampu menegakkan jati diri koperasi, karena Dekopinda juga merupakan  wadah perjuangan cita-cita, nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi. “Dekopin merupakan wakil Gerakan Koperasi Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri”, ujar Wabup Liberty Pasaribu.

Mengakhiri sambutannya, Wabup Liberty Pasaribu mendorong Dekopinda Toba Samosir untuk senantiasa  memberdayakan anggotanya yang diperkirakan sekitar 2.400 orang, termasuk yang berperan dalam Gerakan Koperasi Indonesia, dimana pemberdayaan tersebut pada akhirnya dimaksudkan mampu dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya. “Ciptakan Koperasi yang diminati dan dicintai, serta dapat mensejahterakan anggotanya”, pungkas Liberty Pasaribu.

Dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa ini, telah berhasil memilih pengurus Dekopinda Kabupaten Toba Samosir untuk masa jabatan 2012-2017, dengan susunan kepengurusan sebagai berikut : Ketua Jonggara Siahaan, Kabag Organisasi dan SDM Marojahan Pardede, Kabag Advokasi dan Fasilitasi Parluhutan Simanjuntak serta Kabag Perempuan dan Hubungan Daerah. Susunan kepengurusan ini juga didukung oleh seksi-seksi yang antara lain membidangi : Organisasi Keanggotaan, Diklat dan Lapenkop, Kelembagaan, Advokasi dan Fasilitasi Pengembangan Usaha, Fasilitasi Permodalan, Pemberdayaan Perempuan, Pemberdayaan Pemuda, Hubungan Daerah serta  Kominfo, Sosialisasi Informasi dan JUK.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pelantikan para pengurus yang terpilih oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia wilayah Sumatera Utara, yang diwakili oleh Alamsyah Sihombing. Disamping para peserta Musdalub, terlihat hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dekopin Wilayah Sumut Bambang, Kadis Perindagkop Joni Hutajulu, Plt. Ketua Dekopinda Kabupaten Toba Samosir Monang Naipospos dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s