DESA LUMBAN SANGKALAN BERHASIL BANGUN TELFORD SEPANJANG 450 M DENGAN DANA PNPM-MP

“Telford Desa Lumban Sangkalan tersebut, didanai dengan dana PNPM-MP sebesar Rp. 349.969.000”, ujar Camat Bonatua Lunasi Tiarma br. Sinurat, S.Sos, di sela-sela kunjungan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, pada peresmian kegiatan fisik PNPM-MP Tahun Anggaran 2011 di Kecamatan Bonatua Lunasi, Rabu (16/05). Kegiatan yang dipusatkan di Desa Lumban Sangkalan, Kecamatan Bonatua Lunasi ini,berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan serta dihadiri para pelaku PNPM-MP tingkat desa, kecamatan dan kabupaten, para kepala desa se-Kecamatan Bonatua Lunasi, para tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Masih menurut Tiarma, untuk TA. 2011, Bonatua Lunasi berhasil memperoleh alokasi dana BLM PNPM-MP sebesar Rp. 1.750.000.000,- dan diperuntukkan untuk pembangunan kegiatan fisik sebanyak 6 (enam) unit pada 6 (enam) desa. “Disamping alokasi BLM, untuk suksesnya program ini di kecamatan kami, masyarakat Bonatua Lunasi juga berhasil mengumpulkan swadaya pendanaan sebesar Rp. 91.145.000,-“, terang Tiarma.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk TA. 2011, disamping Telford di Desa Lumban Sangkalan, kegiatan fisik PNPM-MP di Kecamatan Bonatua Lunasi yang berhasil dibangun dan diresmikan Bupati pada kesempatan tersebut, meliputi pembangunan pipanisasi di Desa Sinar Sabungan sepanjang 3.890 meter senilai Rp. 218.342.000,-, pembangunan TPT senilai Rp. 332.896.000 di Desa Silamosik II dengan volume sepanjang 1.207 meter. Disamping kegiatan tersebut, dalam laporannya, Tiarma memaparkan, PNPM-MP Kecamatan Bonatua Lunasi, juga berhasil membangun saluran irigasi sepanjang 1.000 meter, berbiaya Rp. 349.836.000,- di Desa Naga Timbul, pembangunan telford sepanjang 700 meter di Desa Silombu senilai Rp. 276.719.000,- serta pembangunan irigasi berbiaya Rp. 222.238.000,- di Desa Sibadihon dengan volume sepanjang 700 meter.

Dalam arahannya, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak menilai, keterbukaan pada pengambilan keputusan dan dalam pengelolaan keuangan menjadikan program PNPM-MP lebih unggul dan memiliki nilai lebih pada pelaksanannya. Dan Bupati juga mengakui, dalam prakteknya, biaya kegiatan yang dibutuhkan untuk pembangunan fisik yang dilakukan PNPM-MP relatif lebih murah dibandingkan apabila dilaksanakan pihak lain. Memperhatikan faktor-faktor tersebut, Bupati yakin PNPM-MP telah menjadi primadona masyarakat Toba Samosir. Maka demi suksesnya PNPM-MP di Toba Samosir, Bupati menghimbau agar seluruh pelaku PNPM-MP di Toba Samosir untuk terus bergiat dan lebih sungguh-sungguh dalam memberhasilkan program ini. “Saya berharap, agar pelaku PNPM-MP di Toba Samosir, dapat bersaing untuk menjadi pelaku PNPM-MP yang terbaik, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat Nasional”, harap Bupati.

Selain meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011 dengan membubuhkan tandan tangannya pada prasasti yang telah disediakan, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga menyerahkan secara simbolis alokasi BLM PNPM-MP TA.2012 untuk Kecamatan Bonatua Lunasi sebesar Rp. 1.750.000.000,-. Alokasi dana yang diterima Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Bonatua Lunasi tersebut, diharapkan Bupati, dapat dipergunakan sebaik mungkin sebagaimana telah diatur Petunjuk Teknis Operasional PNPM-MP dan ketentuan lainnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan menambahkan, khusus dalam peresmian telford Desa Lumban Sangkalan, disamping diresmikan dengan penandatangan prasasti, juga dilakukan pengguntingan pita oleh Bupati. Dengan didampingi Kaban PM dan PD Labinsar Sirait, Camat Bonatua Lunasi Tiarma Sinurat, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan serta rombongan lainnya, juga dilakukan peninjauan langsung telford yang dibangun tersebut oleh Bupati.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s