PORKAB TOBASA RESMI DIBUKA, 1.730 ATLET IKUT BERKOMPETISI

Selama 6 (enam) hari, dari tanggal 21 Mei hingga 26 Mei 2012, sebanyak 1.730 atlet dengan kategori umur 14 – 23 tahun yang berasal dari 16 kontingen kecamatan di Kabupaten Toba Samosir, akan berpartisipasi dan berkompetisi memperebutkan 21 (dua puluh satu) medali emas dari 6 (enam) cabang olah raga yang dipertandingkan pada perhelatan perdana Pekan Olah Raga Kabupaten (PORKAB) Toba Samosir ini.

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak secara resmi membuka digelarnya pekan olah raga ini, melalui upacara yang dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja XII, Senin (21/05) di Balige. Pada kesempatan tersebut, Bupati Toba Samosir dengan didampingi Kadis Pemuda dan Olah Raga, Jamel Panjaitan dan Ketua KONI Toba Samosir Frengky Hutauruk, didaulat untuk melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kompetisi ini. Juga dilakukan pelepasan balon ke udara oleh Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Sebelumnya, Bupati pada tribun kehormatan, juga menerima defile kontingen atlet tersebut setelah sebelumnya berpawai sepanjang jalan utama Kota Balige dengan start dari Tugu DI Panjaitan.

Dalam sambutannya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengharapkan, Pekan Olah Raga ini, dapat menjaring bibit-bibit atlet muda berprestasi yang nantinya akan menjadi duta Toba Samosir dan mampu berkompetisi di tingkat nasional, regional hingga internasional. Karena itu, Bupati meminta, agar kedepan di tingkat Kecamatan dapat digalakkan pembinaan olahraga untuk menciptakan generasi muda yang tangguh. Para camat diminta, untuk dapat berkreasi dengan menggandeng pihak-pihak pemerhati olah raga dalam melakukan pembinaan dan pengembangan cabang-cabang olah raga. “Ciptakan prestasi dalam menyongsong pemuda penuh prestasi,” kata Bupati sebagaiman tema yang diangkat dalam PORKAB ini.

Masih menurut Bupati, sesuai tantangan jaman, pengembangan olahraga akan semakin kompetitif. Untuk menjawab tantangan tersebut, Bupati mengatakan, Pemkab Tobasa akan berupaya sekuat tenaga dan pikiran untuk membina seluruh cabang olahraga, salah satunya melalui pelaksanaan PORKAB ini. “Melalui Pekan Olahraga Kabupaten ini akan mampu mewujudkan masyarakat yang sehat yang berlandaskan kasih, peduli dan bermartabat,” kata Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Senada dengan Bupati, Kadis Pemuda dan Olah Raga, Jamel Panjaitan mengatakan, pihaknya akan berupaya menciptakan beberapa even-even olah raga sebagai kalender tetap SKPD yang dipimpinnya, sehingga sasaran pokok dalam menjaring atlet olah raga berprestasi dan meningkatkan prestasi sumber daya manusia di bidang olah raga dapat tercapai. “Kita akan mendorong memasyarakatnya olah raga, dan memotivasi masyarakat untuk berolah raga”, ujar Jamel.

Dalam keterangannya lebih lanjut, adapun ke enam cabang olah raga yang dipertandingkan selama PORKAB sebagai kerjasama Dinas Pemuda dan Olah Raga dan KONI Tobasa, meliputi cabang olah raga tennis meja, bulu tangkis, bola volley, catur, atletik dan karate. “Selama pelaksanannya, kita akan didukung 80 official pertandingan”, jelasnya. Untuk lokasi-lokasi pelaksanaan pertandingan, Jamel menjelaskan, cabang olahraga atletik, bola volley dilaksanakan di lapangan Sisingamangaraja XII Balige, catur di SMA Bintang Timur Balige, Tennis Meja di aula SMKN 1 Balige, Bulu Tangkis di Gedung Olahraga PT TPL dan karate dilaksanakan dilapangan dojo TB Center.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Toba Samosir Frengky Hutauruk didampingi Ketua Harian Binahar Napitupulu, mengatakan bahwa KONI Toba Samosir sangat menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan PORKAB ini, karena menurutnya, di sisi lain, kegiatan olah raga mampu mewujudkan kebersamaan dalam pelaksanaan pembangunan. “Dengan olah raga, kita dapat membangun karakter masyarakat, untuk bersama-sama membangun Toba Samosir, khususnya di bidang olah raga”, ujar Frengky. Menambahi sebagaimana disampaikan Frengky, Ketua Harian KONI, Binahar Napitupulu mengatakan, selama berlangsungnya PORKAB ini, diharapkan para pengurus cabang olah raga di Toba Samosir, dapat lebih aktif menginventarisir atlet-atlet berpotensi dan berprestasi untuk diberi kesempatan berkompetisi di level yang lebih tinggi.

Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan, menanggapi pelaksanaan PORKAB ini, menilai event olahraga seperti ini akan menjadi ajang positif bagi generasi muda di Toba Samosir, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya kenakalan, kejahatan, apalagi penyalahgunaan narkoba di Toba Samosir oleh remaja dan generasi muda.

Setelah Porkab Tobasa dibuka secara resmi oleh Bupati Tobasa, murid perguruan Kungfu Naga Sakti asuhan Guru Besar Parade Lee Manurung dengan Ketua Perguruan  Herbert Sibarani, melakukan atraksi dan demonstasi menggunakan benda keras dari logam dan batu bata serta teknik teknik pengaturan pernafasan dalam olah raga Kungfu. Menyaksikan atraksi pemuda Tobasa dari Perguruan Kungfu tersebut, para peserta PORKAB dan rombongan undangan di tribun kehormatan serta penonton yang hadir terlihat terkagum-kagum dan terhibur. Kemudian acara dilanjutkan dengan pelaksanaan pertandingan pembuka untuk cabang olah raga bola volley, dan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali didaulat untuk melakukan service pertama, pada pertandingan yang mempertemukan team bola volley Kecamatan Porsea menghadapi Kecamatan Laguboti tersebut.

Selama pelaksanaan pembukaan PORKAB Toba Samosir ini, terlihat hadir Kapolres Toba Samosir AKBP Budi Suherman, Sekretaris Daerah Liberty Manurung, para Asisten Setdakab, para Staf Ahli Bupati, Pimpinan Cabang Bank Sumut Balige Nelson Hutapea, para Kabag Setdakab, para Camat se-Kabupaten Toba Samosir, para pengurus TP-PKK Kabupaten dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s