PEMBUKAAN DAN PENGASPALAN JALAN OLEH PNPM-MP, BEBASKAN WARGA PANGURURAN III BORBOR DARI KETERISOLIRAN

Upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) pada beberapa desa di Kabupaten Toba Samosir telah membuahkan hasil. Kebutuhan akan beberapa sarana prasarana yang mendukung peningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti pembangungan saluran irigasi, pipanisasi air, perkerasan jalan, pembangunan jembatan dan pembangunan fisik lainnya telah memberikan dampak peningkatan taraf ekonomi warga.

Manfaat tersebut juga telah dinikmati warga pada beberapa desa di Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba Samosir. Memperhatikan kemajuan ini, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali menekankan, agar kegiatan fisik PNPM-MP yang disusun,  tetap menitikberatkan dan mengutamakan fungsi dan manfaat bagi kepentingan bersama warga. “Hal ini sebagaimana salah satu arah kebijakan pemerintah guna percepatan pembangunan daerah terpencil”, jelas Bupati. Lebih lanjut, Bupati juga menghimbau, program kegiatan fisik yang diusulkan, juga diarahkan pada pembangunan sarana pendidikan, kesehatan dan sarana sosial lainnya. Hal tersebut disampaikan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak di sela-sela kunjungan kerjanya di Kecamatan Borbor, Kamis (31/05), yang dipusatkan di Desa Pangururan III.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Jeleng Pasaribu mengatakan, PNPM-MP telah membawa dampak positif yang secara nyata telah mendongkrak taraf hidup warga di desanya. “Banyak manfaat yang telah diberikan PNPM ini, dengan pipanisasi yang dibangun sebelumnya, warga tidak lagi menempuh jarak yang sangat jauh untuk kebutuhan air bersih sehari-hari”, papar Pasaribu. Hal senada juga diutarakan Kades Pangururan III, Harapan Simanjuntak menambahkan, perkerasan jalan di desanya telah memberikan kemudahan akses menuju desanya. “Kita tidak terisolir lagi, akses jalan sudah mudah ditempuh, sebelumnya, warga harus berjalan kaki menuju desa, karena jalannya sangat sulit dilalui kendaraan roda dua maupun empat”, papar Harapan.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Bupati juga melakukan peresmian beberapa kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011 yang ditandai dengan pembubuhan tanda tangan pada prasasti masing-masing sarana yang dibangun setelah sebelumnya dilakukan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST). Peresmian kegiatan fisik PNPM-MP ini, disamping dihadiri para kepala desa dan warganya, juga disaksikan anggota DPRD Pdt. Gumontang Pasaribu, Inspektur Agus Simanjuntak, Asisten Pemerintahan Rudolf Manrung, Kaban PM dan PD Labinsar Sirait, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan dan Camat Borbor Jose Rizal Pasaribu.

Informasi yang diperoleh dari Camat Borbor, kegiatan fisik PNPM-MP yang diresmikan itu merupakan kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011 yang dibangun pada 6 (enam) desa. Dijabarkannya, ke-enam kegiatan fisik tersebut, meliputi perkerasan jalan sepanjang 726 meter di Desa Lumban Sewa, Rehab Jalan sepanjang 6500 meter di Desa Janji Maria dan pembangunan paritan jalan di Desa Pangururan II dengan volume 1280 meter. Selanjutnya, di Desa Aek Unsim, Desa Pardomuan Nauli dan Desa Pangururan III dilakukan perkerasan jalan dengan volume masing-masing sepanjang 1980 meter, 167 meter dan 1276 meter. “Total alokasi dana yang diserap pada pembangunan ke-6 kegiatan fisik itu sebesar Rp. 1.750.000.000,-“, papar Jose.

Sementara, Fasilitator Pemberdayaan Kecamatan Borbor, Benhard Matondang mengungkapkan, antusiasme dan partisipasi warga Borbor dalam pelaksanaan PNPM-MP relatif cukup tinggi. Hal ini menurutnya, dapat dilihat dari besarnya swadaya warga yang hampir mencapai seratusan juta. Lebih lanjut kata Matondang yang didampingi Fasilitator Teknik Manaja Pangaribuan dan Ketua UPK Jhonson Simanjuntak, untuk TA 2012, setelah melalui mekanisme musyawarah antar desa, terdapat 4 (empat) desa dengan 6 (enam) kegiatan pembangunan fisik yang akan didanai BLM PNPM-MP sebagaimana usulan yang diajukan. Kegiatan fisik tersebut meliputi pembukaan jalan dan pembuatan paritan jalan di Desa Rianiate dan Desa Pangururan, pengaspalan jalan di Desa Pangururan III, serta pembangunan saluran irigasi di Desa Pardomuan Nauli.

Pada kegiatan tersebut, sebagai wujud suka cita dan kebanggaan atas kunjungan kerja Bupati di desa mereka yang terpencil, dan sebagai wujud terima kasih atas kepedulian Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak untuk suksesnya PNPM-MP hingga dapat berkesinambungan, warga desa yang diwakili para tokoh masyarakatnya, menyematkan cenderamata berupa “ulos” kepada Bupati. Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah antara Bupati dengan warga dan pelaku-pelaku PNPM-MP di Kecamatan Borbor, yang berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s