MAMPU MENYENTUH SENDI-SENDI KEHIDUPAN WARGA, PEMBANGUNAN PARTISIPATIF SANGAT DIMINATI WARGA SIANTAR NARUMONDA

Konsep pembangunan partisipatif, yang  transparan serta akuntabel yang diusung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) sangat diminati warga Siantar Narumonda, karena memberikan keleluasan bagi warga untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi program pembangunan yang dapat menyetuh sendi-sendi kehidupan warga sesuai dengan skala kebutuhan. Hal ini diutarakan Camat Siantar Narumonda, Janji Situngkir, SH pada sela-sela kunjungan kerja Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak di Kecamatan Siantar Narumonda, yang dipusatkan di Desa Narumonda VII, Jumat (01/06). Menurut Janji Situngkir, orientasi program yang mengedepankan pengentasan kemiskinan ini, telah menarik minat dan mendorong partisipasi warganya untuk berkompetisi agar pembangunan yang diusulkan dapat didanai sebagaimana mekanisme PNPM-MP.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam arahannya, memberikan apresiasi bagi warga Siantar Narumonda atas kerjasama yang dijalin serta partisipasi yang diberikan sehingga pembangunan kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011 di Siantar Narumonda, dapat berjalan dengan baik hingga akhirnya dapat diresmikan penggunaannya, yang tentunya akan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Bupati meminta, agar hasil pembangunan tersebut dapat dipelihara dengan baik, hingga akan memberikan manfaat jangka panjang demi peningkatan kualitas dan taraf hidup warga sekitar. Kedepan, Bupati berharap, kemandirian masyarakat untuk lebih mampu mengakses dan mengelola sumber daya dalam mengatasi kemiskinan akan semakin meningkat. “Kegiatan PNPM-MP yang saya resmikan ini, merupakan hasil kerjasama yang baik dan partisipasi masyarakat Siantar Narumonda”, ujar Bupati memuji.

Senada dengan Bupati, tokoh masyarakat setempat P. Manullang juga menghimbau masyarakat setempat dengan menekankan akan adanya kerjasama yang baik dan saling peduli antar sesama, sehingga program pembangunan dapat dilakukan dengan tepat sasaran.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam kunjungan kerjanya kali ini, disamping melakukan peresmian 10 (sepuluh) kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011, Bupati Kasmin Simanjuntak didampingi Kaban PM dan PD Labinsar Sirait, Camat Siantar Narumonda Janji Situngkir serta Kades Narumonda VII P. Sinambela, menyempatkan melakukan peninjauan salah satu fisik bangunan yang dibangun berupa pengaspalan jalan yang membentang di desa Narumonda VII. Setelah membubuhkan tanda tangannya pada setiap prasasti bangunan fisik, dilanjutkan dengan penyerahan surat keputusan pengangkatan pengurus Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Siantar Narumonda TA. 2012.  Untuk kesinambungan PNPM-MP TA 2012 di Siantar Narumonda, Bupati menyerahkan secara simbolik dana kegiatan TA 2012 kepada masing-masing Tim Pengelola Kegiatan dari masing-masing desa.

Kaban PM dan PD Labinsar Sirait dalam keterangannya menambahkan, ke -10 kegiatan fisik di Siantar Narumonda yang diresmikan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, sebelumnya telah melalui mekanisme Musyawarah Desa Serah Terima (MDST). Kegiatan fisik tersebut, meliputi pembangunan saluran irigasi senilai Rp. 327.741.000 di Desa Siantar Sito-tio, rehab jembatan berbiaya Rp. 45.291.000 di Siantar Tonga-Tonga dan pembangunan saluran irigasi dan tembok penahan tanah di Desa Narumonda IV yang masing-masing berbiaya Rp. 187.502.000 dan Rp. 57.437.000,-. Masih menurut Labinsar, di Desa Narumonda II, Siantar Sigordang dan Desa Narumonda VI dilakukan kegiatan fisik berupa perkerasan jalan dengan masing-masing berbiaya Rp. 101.768.000, Rp. 210.058.000,- dan Rp. 101.382.000. “Untuk kegiatan fisik di Desa Narumonda VII ini, dan yang tadi Bapak Bupati sempat tinjau, berupa pembangunan saluran irigasi senilai Rp. 229.906.000 dan pengaspalan jalan senilai Rp. 167.798.000”, papar Labinsar.

Sementara, Fasilitator Pemberdayaan Kecamatan Siantar Narumonda, Tetty Hutajulu menjelaskan, untuk Tahun Anggaran 2012, alokasi dana yang mereka peroleh sebesar Rp. 1.750.000.000,-, dan setelah melalui Musyawarah Antar Desa Penetapan Usulan, akan dimanfaatkan untuk mendanai pembangunan 7 (tujuh) kegiatan fisik dan pendanaan 1 (satu) kelompok Simpan Pinjam Perempuan di Desa Siantar Sigordang sebesar Rp. 47.368.000,-. Sementara untuk kegiatan fisik yang akan didanai meliputi pembangunan dyk jalan dan drainase di Desa Siantar Tonga-tonga senilai Rp. 134.520.000,-, kegiatan perkerasan jalan berbiaya Rp. 269.817.000,- di Desa Narumonda V dan pembangunan saluran irigasi berbiaya Rp. 338.095.000 di Desa Siantar Dangsina. Selanjutnya menurut Tetty, juga akan dilakukan pembangunan saluran irigasi lainnya di Desa Siantar Tonga-tonga III dan Desa Siantar Sitio-tio dengan masing-masing alokasi dana Rp. 321.061.000,- dan Rp. 296.640.000,-. Disamping itu kata Tetty, masih ada kegiatan fisik lainnya berupa pembuatan jalan rabat beton di Desa Narumonda III senilai Rp. 126.311.000 serta kegiatan pengaspalan jalan berbiaya Rp. 216.188.000 di Desa Narumonda VI.

Secara khusus, pada kesempatan tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kepedulian yang tinggi Prof. DR. KP. Tarnama Sinambela, salah seorang putera terbaik Toba Samosir yang sukses di Ibukota Jakarta yang merupakan kelahiran Siantar Narumonda. Menanggapi hal ini, Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan mengatakan, sudah sepantasnya pemerintah memberikan apresiasi bagi setiap warganya yang dengan sukarela bahu membahu dengan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Juga dikatakan Elisber, dukungan dan kepedulian seperti ini sangat dibutuhkan pemerintah, sehingga pencapaian visi dan misi akan lebih mudah diwujudkan. “Pilar Pembangunan itu kan meliputi tiga aspek, yakni pemerintah, masyarakat dan pihak swasta”, jelas Elisber.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s