58 KK KORBAN KEBAKARAN DI HABINSARAN DAN NASSAU TERIMA TALI KASIH DARI PEMKAB TOBASA

Sebagaimana  wujud kepedulian atas musibah yang menimpa masyarakatnya, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan kunjungan kerja untuk menyalurkan langsung bantuan serta guna mengetahui kondisi para korban, di lokasi musibah kebakaran di Desa Lumban Pinasa Saroha, Kecamatan Habinsaran dan Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Selasa (05/06). Selama berada di lokasi kejadian, sebagaimana adat Batak, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga “mangupa-upa” para korban dengan menyampaikan “boras sipir ni tondi” dengan harapan akan dapat menenangkan warganya supaya tetap tabah, sabar serta tetap kuat melalui musibah yang menimpa mereka. Sebagai informasi, Ke 2 (dua) desa ini merupakan desa yang berbatasan langsung, namun berada dalam kecamatan yang berbeda.

Seraya memberikan kata-kata penghiburan bagi masyarakatnya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menghimbau para korban, agar tidak larut dalam kesedihan atas musibah ini, dan untuk tekun dalam doa  serta berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena selaku orang beriman, dengan berserah diri dan berdoa kepada Tuhan, Bupati yakin cobaan ini akan dapat dilalui.

Bagi para korban, pada kesempatan tersebut, langsung disalurkan bantuan berupa bahan-bahan sembilan bahan pokok dan perlengkapan rumah tangga. Juga diserahkan bantuan berupa kain dan pakaian, khususnya pakaian sekolah sehingga tidak sampai mengganggu aktifitas anak-anak sekolah yang menjadi korban musibah ini.Bantuan yang diserahkan tersebut bersumber dari APBD Kab. Toba Samosir T.A.2011, bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara serta bantuan dari Kementerian Sosial RI.

Sesuai dengan keterangan yang diperoleh dari Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan menyebutkan, musibah kebakaran ini terjadi pada hari Senin (04/06) sekitar pukul 15.30 Wib dengan sumber api diduga berasal dari salah satu rumah warga. “Untuk kepastiannya, penyebab kebakaran masih ditelusuri pihak yang berwajib”, jelas Elisber. Sementara sebagai akibat kebakaran ini, Elisber menambahkan, sebanyak 58 (lima puluh delapan) unit rumah warga, dengan rincian 38 (tiga puluh delapan) unit rumah warga Desa Lumban Pinasa Saroha dan 20 (dua puluh) unit rumah warga Desa Lumban Rau Utara ludes dilalap si jago merah. Kerugian lainnya terdapat 2 unit kendaraan roda empat dan 5 unit kendaraan roda dua juga hangus terbakar. Bahkan, untuk menghindari terjadinya kebakaran yang lebih besar lagi, sebanyak 5 (lima) unit rumah warga terpaksa harus dibongkar. “Namun demikian, musibah kebakaran yang merupakan salah satu musibah kebakaran terbesar ini, tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa”, katanya.

Untuk membantu para korban, menurut Kabag Humas dan Protokol, pihak Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sudah menempuh langkah-langkah yang diharapkan akan mampu memberikan keringanan bagi para korban, mengingat kondisi para korban yang telah kehilangan harta benda yang dimiliki, sehingga akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. “Kita sudah mendirikan posko dan tenda untuk menampung sementara para korban”, kata Elisber. Masih menurutnya, untuk memenuhi makanan dan minuman bagi para korban, juga telah disiapkan dapur umum. “Bupati telah menginstruksikan camat setempat dan Dinas Sosial, untuk benar-benar menangani masalah ini dengan serius, agar dapat meringankan beban para korban”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s