WARGA AJIBATA SUDAH MENIKMATI MANFAAT PNPM-MP

Anggota DPRD Kabupaten Tobasa, Ir. Viktor Silalahi,  yang berasal dari Daerah Pemilihan III yang meliputi Kecamatan Ajibata, memberikan apresiasi yang tinggi atas perhatian dan kegigihan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak memperjuangkan PNPM-MP untuk tetap dapat berjalan di Tobasa. Menurutnya, Bupati telah berupaya agar dana “co-sharing (dana pendamping-red)” dapat tertampung di APBD, sebagai syarat dana PNPM-MP tetap dialokasikan di Tobasa. “Karena kegigihan beliau memperjuangkan PNPM-MP, sangat layak Bapak Bupati ini disebut sebagai Bupati PNPM”, ujar Viktor. Hal tersebut diutarakannya, di sela-sela kunjungan kerja Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak di Kecamatan Ajibata, Rabu (06/06). Dalam kunjungan kerja Bupati yang dipusatkan di Balai Desa Parsaoran Sibisa ini, Bupati melakukan peresmian kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011, yang ditandai dengan pembubuhan tanda tangan pada prasasti masing-masing kegiatan fisik.

Sementara mewakili warga setempat, Tokoh Masyarakat Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibat, Jatopa Nadapdap menyebutkan, keberadaan PNPM-MP yang telah memasuki tahun keempat di Kecamatan Ajibata, sudah memberikan banyak manfaat bagi warga setempat. “Saluran irigasi, perkerasan dan pengaspalan jalan yang dibangun, sudah kami nikmati manfaatnya”, ujar Jatopa.

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas partisipasi aktif masyarakat setempat, hingga akhirnya usulan pembangunan yang menjadi prioritas warga dapat didanai PNPM-MP dengan kemanfaatan yang mengutamakan kepentingan bersama. Sebagaiman tujuan PNPM-MP, Bupati berharap, kemandirian masyarakat akan dapat terwujud, karena dengan kemandirian tersebut, masalah kemiskinan akan teratasi.

Bupati juga menghimbau, agar pembangunan-pembangunan yang dilakukan, tidak terlepas dari prinsip-prinsip kebersamaan, berkeadilan, berkelanjutan dan senantiasa berwawasan lingkungan. “Maka lewat program ini, kedepannya usulan pembangunan yang diajukan, tetap menekankan dan memperhatikan fungsi dan manfaat untuk kepentingan bersama”, himbau Bupati.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kegiatan fisik PNPM-MP TA 2011 yang diresmikan Bupati di Kecamatan Ajibata, meliputi perkerasan jalan/ telford di Desa Parsaoran Sibisa sepanjang 250 meter, pengaspalan jalan sepanjang 634 meter di Desa Motung, perbaikan mata air sebanyak 1 unit di Desa Parsaoran Ajibata dan 2 unit di Desa Pardamean Ajibata. Juga diresmikan kegiatan pembangunan TPP dan drainase sepanjang 250 meter yang terletak di Desa Pardamean Ajibata.

Untuk keberlanjutan PNPM-MP di Kecamatan Ajibata pada TA 2012, secara simbolis Bupati juga menyerahkan alokasi dana BLM PNPM-MP sebesar Rp. 650.000.000, yang selanjutnya akan dimanfaatkan untuk mendanai kegiatan pada 6 (enam) desa penerima manfaat. Ke-enam desa tersebut adalah Desa Sirungkungan, Desa Horsik, Desa Sigapiton, Desa Parsaoran Sibisa, Desa Pardamean Motung dan Desa Pardamean Ajibata. Sedangkan kegiatan yang akan didanai tersebut terbagi atas 3 kegiatan fisik dan 6 kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP).

BUPATI JUGA RESMIKAN PNPM-MP PINTU POHAN MERANTI

Beberapa jam sebelumnya, Rabu (06/06), Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, juga melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Pintu Pohan Meranti. Kunjungan kerjanya kali ini, juga untuk melakukan peninjauan sarana-prasarana yang berhasil dibangun dengan didanai PNPM-MP sekaligus meresmikan penggunan saran prasaran tersebut. Adapun kegiatan fisik PNPM-MP yang diresmikan Bupati di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, meliputi kegiatan pembangunan saluran irigasi sepanjang 750 meter di Desa Meranti, pembangunan rabat beton di Desa Pintu Pohan Dolok sepanjang 640 meter. Untuk Desa Pintu Pohan terdapat kegiatan pelebaran dan perbaikan jalan sepanjang 1500 meter yang juga diresmikan. Sementara untuk Desa Halado, disamping meresmikannya, Bupati juga melakukan peninjauan langsung kegiatan fisik di desa tersebut, berupa pembuatan rabat beton sepanjang 950 meter.

Menurut Jayadi Marpaung, tokoh masyarakat Desa Halado, pembangunan jalan oleh PNPM-MP di Desa Halado, telah membuka akses jalur transportasi ke desanya yang selama ini sangat sulit ditempuh. “Sebelum adanya PNPM-MP, desa kami terisolir, sekarang tidak lagi”, ujar Jayadi.

Memperhatikan manfaat yang diberikan PNPM-MP tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam arahannya, menghimbau agar seluruh elemen masyarakat setempat dapat senantiasa memelihara dan melestarikan hasil pembangunan tersebut. Bupati juga meminta agar para pelaku PNPM-MP setempat, untuk tidak henti-hentinya memberikan perhatian yang menyeluruh serta sungguh-sungguh dalam melakukan tanggung jawabnya.

Selama dalam kunjungan kerjanya ini, turut hadir dalam rombongan Bupati, Asisten Ekonomi Pembangunan Hormat Panjaitan, Kaban PM dan PD Labinsar Sirait, Kadis Pertanian Ir. Parlindungan, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Alden Napitupulu, Kabag Pembangunan Tumpal Malau, Kabag Kesejahteraan Almen Tambunan dan Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s