139.404 ORANG KUOTA WAJIB KTP DI TOBA SAMOSIR

Peran serta petugas operator komputer sangat strategis dalam melaksanakan penerapan KTP elektronik tahun 2012 karena merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan perekaman KTP elektronik sebagai program nasional.

Demikian sambutan tertulis Bupati Toba Samosir yang  dibacakan Sekda Kabupaten Toba Samosir Drs. Liberty Manurung, MM, Biztel di depan para peserta Bimbingan Teknis Operator Kabupaten dan Kecamatan pada Penerapan KTP Elektronik di Kabupaten Toba Samosir di Hotel Sumatera Balige, Rabu (13/06).

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir berharap agar pihak konsorsium Sucofindo sebagai pelaksana bimbingan teknis dapat benar-benar melatih para operator sehingga dapat mengatasi permasalahan yang bakal muncul di lapangan dalam pelaksanaan perekaman KTP Elektronik serta mampu mensetting perangkat pendukung yang digunakan agar dapat berfungsi dengan baik. Sementara untuk pelaksanaan di lapangan, Pemkab Toba Samosir memilih kriteria pelayanan minimal 10 jam/ hari mulai dari pukul 08.00 s/d 18.00 WIB dari hari Senin- Sabtu setiap minggunya.

Untuk mencapai kompetensi yang dibutuhkan, pihak konsorsium pelaksana diharapkan melakukan bimbingan teknis dengan metode yang kontekstual sehingga dapat diterapkan di lapangan sehingga mampu mengoperasikan dan memelihara perangkat tersebut untuk mencapai hasil yang optimal, ujar Liberty Manurung.

Sebelumnya, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir Dra. Rosita Siagian, M.Si mengatakan bahwa sesuai dengan kesepakatan Rapat Koordinasi Nasional KTP Elektronik di Jakarta tanggal 19 s/d 21 Februari 2012, penerapan KTP Elektronik harus selesai pada Oktober 2012. Untuk Kabupaten Toba Samosir, ujar Rosita, capaian target sesuai kuota yang diberikan pemerintah pusat adalah sebanyak 139.404 wajib KTP.

Bimbingan teknis operator pelaksanaan KTP Elektronik di Kabupaten Toba Samosir berlangsung selama 2 hari pada tanggal 13 s/d 14 Juni 2012 diikuti 66 orang operator dari 16  kecamatan dan staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s