BUPATI : e-KTP AKAN MENJADI SALAH SATU KUNCI SUKSES DALAM PELAYANAN PUBLIK

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta Ibu Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak br. Pardosi bersiap-siap melakukan perekaman data guna memperoleh e-KTP di Kantor Camat Silaen, Kamis (21/06)

Sebagai warga yang tercatat sebagai penduduk di Dusun Simanobak, Desa Pardomuan, Kecamatan Silaen, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak br. Pardosi, melakukan perekaman data guna mendapatkan KTP Elektronik atau e-KTP sebagai bagian dari mekanisme dalam memperoleh e-KTP, sesuai surat panggilan penduduk wajib e-KTP yang disampaikan pihak kecamatan. Proses perekaman data guna e-KTP ini, dilakukan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta Ibu pada “Launching” sebagai pertanda resmi bergulirnya penerapan e-KTP untuk Kabupaten Toba Samosir, yang dilaksanakan secara perdana di Kantor Camat Silaen, pada hari Kamis (21/06). Selama proses berlangsung, Bupati beserta ibu tampak sangat antusias mengikuti seluruh tahapan perekaman data yang meliputi proses verifikasi data, rekam foto, rekam tanda tangan, rekam sidik jari, iris mata dan biodata.

Pada penerapan secara resmi e-KTP ini, bersama Bupati beserta Ibu, hadir para warga Dusun Simanobak, Desa Pardomuan yang pada kesempatan tersebut mendapat jadwal pertama dalam perekaman data. Juga hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Rosita Siagian, Camat Silaen Harapan Napitupulu beserta Uspika, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan dan para kepala desa se-Kecamatan Silaen

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan perekaman tanda tangan dalam rangkaian proses perekaman data e-KTP disaksikan petugas pendamping dan operator di Silaen, Kamis (21/06)

Sebelumnya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan, penerapan e-KTP merupakan upaya pemerintah dalam menertibkan penyelenggaraan administrasi kependudukan dan upaya menjamin kepastian hukum hak sipil penduduk. Maka sebagai upaya dalam meraih pencapaian dimaksud,  Bupati mengatakan, bahwa pemerintah secara nasional telah melakukan 3 (tiga) program strategis secara bertahap di bidang kependudukan, yang diawali dengan program pemutakhiran data penduduk, program penerbitan Nomor Induk Kependudukan dan program penerapan KTP Elektronik secara elektronik. Mengingat manfaat dan pentingnya memperoleh KTP Elektronik ini, Bupati melalui Camat dan para Kepala Desa, menghimbau warga Toba Samosir untuk datang ke tempat pelayanan e-KTP di kantor kecamatan masing-masing sesuai surat panggilan yang telah dimilikinya.

Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak br. Pardosi melakukan perekaman sidik jari sambil mendengarkan penjelasan petugas pendamping disaksikan Kadis Catpilduk Rosita Siagian dan Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, Kamis (21/06) di Silaen.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, dengan KTP Elektronik juga akan diperoleh jaminan “ketunggalan” identitas seseorang, karena disamping data seseorang telah terekam secara elektronik, KTP Elektronik juga dilengkapi dengan kode pengaman data pada sebuah “chip” yang terdapat pada e-KTP. “Dengan demikian, e-KTP akan menjadi kunci sukses untuk identifikasi jati diri penduduk dalam pelayanan publik”, papar Bupati. Maka, agar penerapan e-KTP di Toba Samosir dapat dicapai sesuai target rencana kerjanya, Bupati meminta para pendamping teknis dan petugas operator dapat bersinergi dalam melaksanakan pelayanan perekaman.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta isteri Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak br Pardosi melakukan perekaman photo guna memperoleh e-KTP di Kantor Camat Silaen, Kamis (21/06)

Sementara itu, Rosita Siagian dalam kapasitasnya sebagai Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir dalam keterangannya menyebutkan, guna mensukseskan program ini, pemerintah pusat telah mendistribusikan 2 (dua) set perangkat e-KTP untuk 16 kecamatan di Toba Samosir. “Perangkat inilah yang digunakan untuk proses enrollment, yakni proses verifikasi data, rekam foto, rekam tanda tangan, rekam sidik jari, iris mata dan biodata”, kata Rosita. Ditambahkannya, proses enrollment untuk 1 (satu) orang wajib KTP ditargetkan berlangsung selama 4 (empat) menit.

Dari jumlah 143.224 orang wajib KTP se-Toba Samosir, sebagaimana yang terdata pada database kependudukan di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir, untuk Kecamatan Silaen terdapat 11.682 orang yang terdata sebagai wajib KTP. Sesuai rencana kerja yang disusun instansinya, Rosita menargetkan penerapan e-KTP di Toba Samosir akan dapat diselesaikan hingga Nopember 2012. Karena itu, dikatakannya, instansi yang dipimpinnya akan berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir kendala-kendala yang mungkin terjadi. “Pada dasarnya, kesiapan kita dalam penerapan e-KTP di Toba Samosir sudah sangat siap, namun kendala seperti kesiapan peralatan dan perangkat dari pemerintah pusat masih mengganjal, harapan kita kendala-kendala ini akan terselesaikan sesuai jadwal”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s