Berita Terbaru

NAMA AB SILALAHI, SALAH SEORANG PEMRAKARSA TERBENTUKNYA TOBA SAMOSIR DIABADIKAN SEBAGAI NAMA JALAN

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dalam mengenang dan untuk menghargai seluruh jasa-jasa Albertus Bolas Silalahi atau yang lebih dikenal dengan nama AB Silalahi, sebagai salah seorang pemrakarsa dan motivator lahirnya Kabupaten Toba Samosir, telah menetapkan nama AB Silalahi menjadi nama ruas jalan di tanah milik Pemerintah Kabupaten Toba Samosir pada Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Toba Samosir di Simanjalo, Desa Sianipar Sihail-hail, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir.

Penetapan nama AB Silalahi sebagai nama jalan pada Kompleks Perkantoran Pemkab Toba Samosir ini tertuang dalam Peraturan Bupati Toba Samosir Nomor 06 Tahun 2012 tentang Penetapan Nama AB Silalahi menjadi Salah Satu Nama Jalan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Sedangkan peresmian nama jalan tersebut, dilakukan tepat pada tanggal kelahiran AB Silalahi dan ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, yang dilaksanakan di kediaman Almarhum AB Silalahi, di Jl. Siliwangi, Balige, Selasa (26/06).

Bupati mengatakan, peresmian nama jalan tersebut merupakan wujud terima kasih Pemerintah Kabupaten Toba Samosir atas jasa-jasanya, sehingga nama AB Silalahi akan dapat dikenang sepanjang masa dan pengabdiannya akan menjadi sejarah bagi masyarakat Kabupaten Toba Samosir. “Hasil yang sudah kita petik saat ini, tidak akan kita nikmati apabila Kabupaten Toba Samosir tidak dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Utara”, kata Bupati menegaskan betapa besarnya jasa AB Silalahi dalam membidani terbentuknya Kabupaten Toba Samosir.

Pasa masa hidupnya, AB Silalahi yang menikah dengan MT br. Hutauruk, merupakan salah seorang tokoh masyarakat Tapanuli Utara pada masa itu, yang telah banyak berjuang dalam bidang sosial budaya, pendidikan, agama dan politik. AB Silalahi lahir di Pangururan, Samosir pada tanggal 26 Juni 1919. Pada masanya, melihat Kabupaten Tapanuli Utara masih tertinggal dari daerah lainnya, telah menggerakkan niat beliau dan terpanggil dengan gagasan pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara. AB Silalahi berpandangan, dengan pemekaran wilayah, tentunya roda pembangunan akan lebih cepat berputar dan perekonomian rakyat akan lebih berkembang. Gagasannya ini saat itu banyak ditentang, namun akhirnya, dengan perjuangan yang gigih selama hampir 8 (delapan) tahun, pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara yang melahirkan Kabupaten Toba Samosir dapat terwujud dan diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1998.

Dalam kiprah politiknya, sebelum bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia, AB Silalahi memulai karir politiknya sebagai Ketua Partai Katolik yang akhirnya berfusi menjadi Partai Demokrasi Indonesia pada tahun 1972. Sebelumnya, pada pemilihan umum pertama tahun 1955, AB Silalahi terpilih sebagai anggota DPR RI dan pada Pemilu 1967 kembali terpilih menjadi anggota DPR Gotong Royong. Pada masa orde baru, dalam kedudukannya sebagai anggota DPRD Tapanuli Utara, AB Silalahi beberapa kali menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD yakni pada periode 17 Nopember 1971 s/d 11 Juli 1977, periode 16 Agustus 1977 s/d 12 Juli 1982 dan periode 11 Agustus 1992 s/d 15 September 1997. AB Silalahi sempat juga menjabat sebagai Ketua Sementara DPRD Tapanuli Utara dari tanggal 11 Juli 1992 s/d 11 Agustus 1992.

Disamping itu, masih banyak gagasan dan prakarsa AB Silalahi lainnya dalam berbagai aspek kehidupan  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang dinilai sangat memberikan manfaat bagi kemajuan di Tapanuli Utara saat itu dan Toba Samosir saat ini, seperti mendorong terbentuknya Lembaga Adat Dalihan Natolu dan menggagas area Soposurung, Balige menjadi sebagai kota pelajar.

Mewakili pihak keluarga, Pande Radja Silalahi anak tertua AB Silalahi menyampaikan rasa terima kasih dan merasa bangga atas perhatian yang diberikan Pemkab Toba Samosir dengan mengabadikan nama orang tua mereka pada salah satu ruas jalan. Senada dengan Pande Radja, DR A. Silalahi mewakili “Pungungan Silahi Sabungan” menambahkan, AB Silalahi sebagai tokoh yang monumental bagi marga Silalahi dan merupakan lambang semangat untuk maju.

Sementara RE Nainggolan mantan Sekdaprovsu yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, AB Silalahi merupakan tokoh yang konsisten dan teguh dan telah memiliki hampir semua hal yang kita inginkan dalam hidup. “AB Silalahi akan tetap hidup dalam hati dan pikiran kita”, ujar RE Nainggolan.

Uskup Emeritus Keuskupan Agung Medan Mgr. AG Pius Datubara yang cukup mengenal sosok AB Silalahi mengatakan, AB Silalahi merupakan orang yang berjalan dalam nama Tuhan. “AB Silalahi adalah orang yang ber Tuhan”, kata Uskup.

Dengan diresmikannya nama Jalan AB Silalahi ini, maka secara resmi Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang berkantor di komplek perkantoran tersebut seperti Badan Kepegawaian Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah, Dinas Pemuda dan Olah Raga, Sekretariat Unit Layanan Pengadaaan dan instansi lainnya akan mengenakan alamat kantor dengan nama Jalan AB Silalahi.

Hadir pada peresmian jalan AB Silalahi ini Wakil Bupati Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Bupati Pertama dan Kedua Toba Samosir Sahala Tampubolon dan Monang Sitorus, para sahabat Alm AB. Silalahi di masa hidupnya seperti Bintang Pangaribuan dan Sabam Simanjuntak (anggota DPRD Tobasa), para pimpinan SKPD, kepala bagian dan Camat di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, para tokoh agama, tokoh adat , tokoh masyarakat, keluarga besar AB Silalahi dan para undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s