Berita Terbaru

MEMANTAPKAN FUNGSI HUMAS, KABAG HUMAS & PROTOKOL SE-SUMUT LAKUKAN KOORDINASI

Guna memantapkan fungsi humas dan protokol di lingkungan pemerintah daerah, para pejabat kehumasan pemerintah kabupaten/ kota se-Sumatera Utara, dengan difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatik Provinsi Sumatera melalui Bakohumas Provinsi Sumatera Utara menggelar pertemuan koordinasi antara seluruh Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten/ Kota se-Sumut, Senin (16/07) di Kota Pematang Siantar.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pematang Siantar yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Jumadi ini, disamping dihadiri para Kabag Humas dan Protokol Kabupaten/ Kota se-Sumatera Utara ini, juga dihadiri para anggota Bakohumas Kota P. Siantar dan para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota P. Siantar.

Dalam sambutan tertulis Plt. Gubernur Sumatera Utara yang dibacakan Drs. Jumadi mewakili Walikota P. Siantar, diharapkan agar Humas dan Infokom Kabupaten/ Kota se-Sumut untuk mampu semakin professional dan memiliki inovasi dalam mengemban tugas dan fungsinya. Juga dikatakan, melihat peran strategis Humas/ Infokom tersebut, para pejabat kehumasan/ infokom juga dituntut untuk mampu membantu pimpinannya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap setiap kebijakan publik yang ditempuh. Juga dikatakan lagi, pada dasarnya tugas humas juga meliputi tugas-tugas intelijen, karena itu Humas juga dituntut dapat melakukan deteksi dini terhadap isu yang berkembang di masyarakat untuk selanjutnya dapat disikapi.

Sementara Walikota P. Siantar dalam pidatonya yang juga dibacakan Drs. Jumadi mengatakan, Humas harus dapat memahami dan menterjemahkan visi dan misi pimpinannya, sehingga dengan demikian akan tercipta kesamaan gerak dan langkah dengan pimpinan. Melalui pertemuan ini, Walikota berharap, akan diperoleh suatu momentum yang tepat dalam peningkatan kinerja humas kabupaten/ kota ke depannya melalui jaringan koordinasi yang dibangun.

Dalam pertemuan ini, juga dilakukan paparan oleh Kadis Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid Pendapat Umum dan Hubungan Kelembagaan, Dra. Denny Simamora, MSi. Dalam paparannya, dijelaskan, Humas disamping sebagai juru bicara lembaga, juga berperan sebagai fasilitator yang mampu menghubungkan lembaganya dengan pemangku kepentingan dalam iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif. Disamping itu, Humas juga mengambil peran dalam penyediaan layanan informasi publik serta menindaklanjuti pengaduan-pengaduan yang disampaikan publik. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya tersebut, juga diingatkan agar para pejabat kehumasan untuk tetap berpedoman pada etika humas pemerintah dan tetap menegakkan azas-azas penyelenggaraan pemerintahan yang “Good Governance”.  Dalam paparan lebih lanjut, Dra. Denny Simamora juga memberikan penjelasan kepada para pejabat kehumasan tentang pemahaman lebih lanjut seputar pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, khususnya tata cara dalam memperoleh dan menyediakan layanan informasi.

Acara yang juga diisi dengan dialog interaktif antara paserta dan narasumber ini, juga membahas materi seputar pengelolaan manajemen kehumasan pada masing-masing kabupaten/ kota sebagai bahan guna pertukaran informasi sehingga diharapkan akan diperoleh kesamaan pola pikir dalam mengikuti dinamika kehumasan yang senantiasa terus berkembang. Juga disepakati pada pertemuan tersebut, langkah-langkah strategis yang akan ditempuh para pejabat kehumasan kabupaten/ kota se-Sumut, guna membangun pola menajemen kehumasan yang tepat sesuai tuntutan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s