Berita Terbaru

PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE, TOBASA AKAN KOMIT MENERAPKAN e-AUDIT

Sebagaimana misi yang diusung dalam menciptakan pemerintahan yang berwibawa dan bermartabat, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir tak henti-henti menunjukkan keseriusannya guna terciptanya pelaksanaan prinsip-prinsip pemerintahan yang amanah atau sekarang ini lazim dikenal dengan istilah “Good Governance” dan “Clean Governance”. Salah satu aspek yang dapat dijadikan indikator dalam penerapan prinsip-prinsip tersebut, yakni adanya pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel, yang artinya pengelolaan keuangan yang sewaktu-waktu dapat diteliti dan domonitoring pengelolaan dan pertangung jawabannya.

Komitmen Pemkab Toba Samosir tersebut, diwujudkan dalam penandatangan Memorandum of Understanding atau Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tentang pengembangan sistem informasi pemeriksaan keuangan Negara atau e-audit, yang dilaksanakan di Gedung BPK RI Perwakilan Sumatera Utara di Medan, Kamis (12/07). Dalam Nota Kesepahaman ini, dengan mengacu pada kewenangan yang dimiliki BPK, antara lain disepakati hubungan kerjasama dalam pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi untuk akses data dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab Keuangan Negara.

Sistem informasi tersebut diharapkan akan menciptakan sinergi data melalui strategi “link & match” data sehingga nantinya akan mempermudah perolehan data/ dokumen dari pihak yang diperiksa/ “auditee”. Maka, dalam kerangka pemeriksaan tersebut nantinya, Pemkab Toba Samosir juga sepakat akan memfasilitasi penyediaan data bahan pemeriksaan seperti dokumen pelaksanaan anggaran, data dari sistem pengelolaan keuangan daerah dan data pengelolaan barang milik daerah.

Sebelum Nota Kesepahaman ini disepakati, Sekdakab Toba Samosir Liberty Manurung yang hadir pada kesempatan tersebut, dengan dibantu Inspektur Kabupaten Augus Simanjuntak, melakukan kajian-kajian atas butir-butir yang tertuang pada dokumen MoU dimaksud. Dalam penandantanganan MoU ini, disamping dilakukan Bupati Toba Samosir, hal serupa juga dilakukan para kepala daerah seluruh kabupaten/ kota di Sumatera Utara.

Sekdakab Toba Samosir Liberty Manurung menjelaskan, melalui penandatangan Nota Kesepahaman tersebut, Pemkab Toba Samosir pada prinsipnya telah menunjukkan komitmen dan keseriusannya dalam pelaksanaan apilikasi e-audit ini kedepannya. “Untuk fasilitas jaringan pendukung aplikasi ini segera kita persiapkan, sementara aplikasi atau software yang digunakan pada e-audit ini akan dipersiapkan pihak BPK”, terang Liberty. Bahkan sebagai wujud dukungan untuk suksesnya kerjasama ini, Liberty menambahkan, pihaknya mewakili Pemkab Toba Samosir, mengusulkan agar dalam penerapannya kedepan, pihak BPK juga mempertimbangkan untuk mengimplementasikan ketentuan yang diatur dalam UU transaksi keuangan via elektronik. Ditambahkannya lagi, Pemkab Toba Samosir juga menyarankan, adanya standard atau keseragaman “operation system” aplikasi e-audit ini, sehingga antara pusat data elektronik BPK dapat benar-benar “link” atau terkoneksi dengan baik dengan pusat data pemerintah daerah. Masih kata Liberty, sebelum diluncurkan nantinya, e-audit juga harus didukung dengan “security system” yang terjamin, sehingga akses atas data-data tersebut, benar-benar hanya dapat dilakukan oleh pihak BPK dan pihak entitas yang diperiksa.  “Apabila hal ini dapat diterapkan, saya yakin Sinergi Nasional Sistem Informasi (SNSI) yang dimotori BPK ini, akan berjalan sukses”, kata Liberty Manurung.

Lebih lanjut diterangkan Liberty, sebelum penerapan e-audit ini nantinya, pihak BPK akan segera menerbitkan petunjuk teknis pelaksanaannya, sehingga tercipta kesatuan pola dalam mewujudkan peningkatan kwalitas pengelolaan dan pertanggung jawaban Keuangan Negara.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s