2 KK WARGA SIGUMPAR JULU DAN 3 KK WARGA SIGAPITON TERIMA BANTUAN PEMKAB TOBASA

Bertempat di Dusun II Lumban Tala, Desa Sigumpar Julu, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba Samosir, Senin (30/07), Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan bagi 2 Kepala Keluarga warga setempat yang menjadi korban musibah kebakaran yang terjadi baru-baru ini. Bantuan yang disalurkan bagi para korban, berupa bahan-bahan sembilan bahan pokok dan perlengkapan rumah tangga. Juga diserahkan bantuan berupa kain dan pakaian, khususnya pakaian sekolah sehingga tidak sampai mengganggu aktifitas anak-anak sekolah yang menjadi korban musibah ini.Bantuan yang diserahkan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Toba Samosir , bantuan dari APBD Pemprovsu serta bantuan dari Kementerian Sosial RI.

Sebagaimana lazimnya dalam adat Batak, pada penyerahan bantuan ini, Bupati Toba Samosir yang diwakili Sekretaris Dinas Sosial Sumihar Pasaribu, juga dilakukan “mangupa-upa” para korban, dengan maksud agar para korban diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah yang menimpa mereka. Selanjutnya Sumihar Pasaribu juga memberikan kata-kata penghiburan kepada para korban, agar dalam menghadapi musibah ini untuk senantiasa berserah kepada Yang Maha Kuasa. Terkait dengan bantuan yang disalurkan, Sumihar berharap bantuan tersebut, akan dapat meringankan beban korban. Sumihar juga menambahkan, agar bantuan yang diserahkan tidak dinilai dari besaran nilainya, tetapi dapat dimaknai dari kepedulian yang dapat diperlihatkan pemerintah atas musibah yang menimpa warganya.

Berdasarkan keterangan Pak Friska Napitupulu, salah seorang warga setempat, kebakaran yang menghanguskan 3 unit rumah penduduk beserta isinya ini, terjadi pada hari Minggu (29/07) sekitar pukul 16.30 Wib. Dari 3 unit rumah yang terbakar, merupakan rumah tempat tinggal keluarga A. Lambok Napitupulu dan Keluarga A. Feby Manalu, sedangkan 1 unit lagi rumah yang terbakar, berada dalam kondisi kosong tidak berpenghuni. “Seluruh harta benda maupun harta warisan tidak sempat diselamatkan”, kata Pak Friska. Pak Friska juga menambahkan, berkat kesigapan petugas pemadam kabakaran yang tiba di lokasi kejadian, kebakaran yang lebih besar dapat dihindari sehingga tidak sampai meluas ke rumah-rumah penduduk lainnya.

Agar para korban juga dapat tetap beraktifitas menunggu selesai dibangunnya tempat tinggal para korban, menurut Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, pihak Pemkab Toba Samosir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB-Daerah), telah mengantisipasi kondisi tersebut dengan mendirikan tenda sebanyak 2 (dua) unit sebagai penampungan sementara.

Disisi lain kegiatan pemberian bantuan ini, dalam peninjauan lokasi kejadian, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan menyatakan kekagumannya atas solidaritas yang terbangun diantara masyarakat setempat. Karena disamping adanya kebersamaan dalam membantu para korban saat musibah kebakaran, para warga juga tetap bahu membahu untuk mendirikan pondok penampungan para korban. “Saya kagum atas solidaritas warga disini, sehari setelah terjadinya musibah, warga terlihat bergotong royong untuk mendirikan pondok tempat tinggal sementara para korban dan sudah hampir rampung”, ujar Elisber.

BANTUAN SOSIAL JUGA DISALURKAN DI SIGAPITON

Demikian halnya dengan 3 Kepala Keluarga warga Dusun III Lumban Manurung, Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, yang juga tertimpa musibah kebakaran belum lama ini, Dinas Sosial Kabupaten Toba Samosir, pada hari yang sama, Senin (30/07),  juga menyalurkan bantuan sosial yang langsung diterima para korban.  Juga pada kesempatan ini, sebelum bantuan diserahkan, para korban juga di “upa-upa” sebagaimana adat Batak oleh Sekretaris Dinas Sosial Sumihar Pasaribu, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan dan Camat Ajibata Gibson Sinaga, AP,dengan maksud para korban akan dapat lebih tabah dan kuat dalam menghadapi musibah yang terjadi.

Disamping menyerahkan bantuan yang  juga berupa barang-barang perlengkapan rumah tangga dan bahan sembako ini, Bupati melalui Kabag Humas dan Protokol meminta agar Camat juga dapat memfasilitasi para korban untuk memperbaharui surat-surat penting dan surat-surat berharga lainnya yang turut hangus terbakar.

Mewakili para korban, Paiman Siboro, menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian yang telah diperlihatkan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, sehingga para korban merasa terhibur dan terbantu atas bantuan yang diserahkan. Senada dengan Siboro, Sangkat Manurung salah seorang tokoh masyarakat setempat, juga terkesan atas kepedulian pemerintah yang telah bersedia mengunjungi para korban, meski harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Sesuai laporan Kepala Desa Sigapiton, Hiras Butar-Butar, kebakaran yang sumbernya diduga berasal dari kompor gas ini, terjadi pada hari Kamis (26/07) sekitar pukul 16.30 Wib. Kebakaran yang menghanguskan 3 (tiga) unit rumah penduduk ini, diperkirakan menyebabkan kerugian ratusan juga rupiah.  Lebih lanjut Hiras menambahkan, pada saat terjadinya kebakaran, Camat Ajibata Gibson Sinaga telah memerintahkannya untuk mengambil inisiatif dalam mengevakuasi para korban ke rumah-rumah penduduk lainnya.

Untuk menyalurkan bantuan ini, rombongan Dinas Sosial yang terdiri dari Sekretaris Dinas Sosial, Sumihar Pasaribu, Kabid Bina Sosial Antoni Dolok Saribu, Camat Ajibata Gibson Sinaga, AP, dan Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, harus melakukan perjalanan melalui perairan Danau Toba dengan menumpang boat penumpang selama hampir 2 (dua) jam, karena Desa Sigapiton hanya dapat ditempuh melalui jalur transportasi air.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s