Berita Terbaru

3 UNIT SALURAN IRIGASI DIRESMIKAN BUPATI TOBASA DI PARMAKSIAN

Unit Pengelolan Kegiatan (UPK) dan para Tim Pengelola Kegiatan (TPK) pada beberapa desa di Kecamatan Parmaksian sebagai pelaku-pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), telah berhasil menyelesaian pembangunan 3 (tiga) unit saluran irigasi yang berbiaya hampir satu milyard rupiah dengan sumber dana dari alokasi Bantuan Langsung Mandiri (BLM) PNPM-MP Tahun Anggaran 2011.Dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Parmaksian, Jumat (27/07), Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, melakukan peresmian penggunaan saluran irigasi tersebut dengan membubuhkan tanda tangannya pada masing-masing prasasti kegiatan fisik PNPM-MP tersebut. Dalam peresmian tersebut, Bupati disaksikan Kaban PM dan PD Labinsar Sirait serta Camat Parmaksian Alfaret Manurung, juga melakukan penyerahan secara simbolis Surat Keputusan pengangkatan UPK Kecamatan Parmaksian dan alokasi BLM PNPM-MP Tahun Anggaran 2012. Hadir juga pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait yang sedang berkunjung ke Kabupaten Toba Samosir dalam rangka penyelenggaraan kegiatan keperdulian terhadap anak dan remaja Toba Samosir.

Pembangunan saluran irigasi ini, didasarkan atas usulan yang diajukan warga desa setempat dan selanjutnya ditetapkan dengan mekanisme Musyawarah Antar Desa (MAD) Penetapan Usulan yang dihadiri seluruh perwakilan desa yang terdapat di Kecamatan Parmaksian. Ketiga saluran irigasi yang berhasil dibangun dan selanjutnya diresmikan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada kesempatan tersebut yaitu, saluran irigasi di Desa Bius Gu Barat sepanjang 1222,5 meter berbiaya Rp. 348.198.000,- saluran irigasi di Desa Tangga Batu I sepanjang 1225 meter berbiaya Rp. 338.417.000,- dan saluran irigasi sepanjang 442 meter di Desa Lumban Manurung dengan biaya  Rp. 133.911.000,-

Disamping sarana prasarana desa yang berhasil di bangun tersebut, untuk TA 2011, UPK PNPM-MP Kecamatan Parmaksian juga berhasil menyalurkan alokasi dana untuk kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dengan total dana Rp. 170.500.000,- kepada 4 (empat) kelompok SPP yang terdiri atas kelompok SPP Mandiri Desa Lumban Sitorus sebesar Rp. 55.500.000,-, kelompok SPP Anggrek Desa Lumban Manurung sebesar Rp. 50.000.000,- kelompok SPP Berkat Desa Lumban Manurung sebesar Rp. 30.000.000,- dan kelompok SPP Lamtau Desa Tangga Batu II sebesar Rp. 35.000.000,-.

Atas keberhasilan pengelolaan PNPM-MP di Kecamatan Parmaksian ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menghimbau para pelaku PNPM-MP untuk senantiasa menggerakkan peran aktif masyarakat secara merata, sebagaimana prinsip pembangunan adalah “dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri”. Bupati juga meminta agar seluruh sarana prasarana yang telah berhasil dibangun dapat benar-benar dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran bersama, dengan tidak lupa untuk melakukan pemeliharaan sehingga dapat dinikmati untuk jangka waktu yang panjang. “Pemeliharaan agar dilaksanakan sebaik-baiknya untuk menjaga kelestarian hasil pembangunan tersebut”, pinta Bupati.

Sesuai keterangan Camat Parmaksian Alfaret Manurung, dari alokasi dana sebesar Rp. 650.000.000,- untuk Tahun Anggaran 2012, setelah melalui tahapan Musyawarah Antar Desa, disepakati akan dialokasikan untuk pembangunan Tembok Penahan Tanah sepanjang 1000 meter di Desa Lumban Huala dengan biaya sebesar Rp. 298.883.000,- dan pembangunan saluran irigasi di Desa Tangga Batu II sepanjang 860 meter berbiaya Rp. 264.801.000,-. Sedangkan sisa alokasi dana tersebut akan dipergunakan kelompok SPP dengan alokasi Rp. 33.684.000 untuk kelompok SPP Nenas Desa Lumban Manurung dan sebesar Rp. 52.632.000,- untuk kelompok SPP Dos Roha Desa Lumban Huala.

Menanggapi keberhasilan program PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir saat ini, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan mengatakan, sebagaimana motto Kabupaten Toba Samosir “Tampakna Do Rattos Na, Rim Ni Tahi Do Gogona”, yang mengandung filosofi yang menekankan  kerjasama antara seluruh elemen masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dalam suksesnya pelaksanaan pembangunan. “Hal ini benar-benar juga diterapkan dalam program PNPM-MP, sehingga hasil pembangunan tersebut dapat dinikmati masyarakat”, pungkas Tambunan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s