BUPATI AJAK FMKI BANGUN SPIRITUALITAS MASYARAKAT TOBASA BERLANDASKAN KASIH

Pada deklarasi dan pelantikan pengurus Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (04/08) di Balige, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Drs. T. A Dugat Panjaitan, menyambut baik kehadiran FMKI sebagai organisasi masyarakat Katolik yang nantinya menjadi wadah pemersatu dan wadah untuk menampung aspirasi masyarakat Katolik Toba Samosir. Karena itu, dengan kehadiran FMKI ini, Bupati berharap FMKI dapat menjadi mitra pemerintah dan bersama-sama dalam membangun aspek spiritualitas masyarakat khususnya jemaat Katolik Toba Samosir berlandaskan Kasih.  Ditambahkan Bupati, kehadiran FMKI merupakan salah satu wujud kesadaran warga Katolik untuk terpanggil berperan serta dalam menciptakan tatanan kehidupan politik yang demokratis berdasarkan Pancasila.

Sebelum dilantik, dilakukan deklarasi oleh umat Katolik Toba Samosir oleh Ir. Viktor Silalahi didampingi utusan jemaat dari 3 (tiga) Paroki di Toba Samosir, yakni Paroki St. Yosep Balige, St. Yosep Parsoburan dan St. Fidelis Parapat. Dalam deklarasi dinyatakan, pembentukan FMKI Toba Samosir didasari semangat dalam menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan sebagai perwujudan iman Katolik, untuk berperan aktif dalam peningkatan mutu kehidupan baik di bidang sosial budaya, ekonomi maupun politik dengan berlandaskan Kasih.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan FMKI Sumut Nomor : 5/KEP/FMKI-SU/VII/2012 tentang Sususan Pengurus FMKI Toba Samosir. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Pataka FMKI serta penyematan pin oleh Ketua FMKI Sumut Parlindungan Purba, SH, MM kepada Ketua FMKI Toba Samosir Ir. Viktor Silalahi, didampingi Sekretaris FMKI Toba Samosir Rinto P. Hutapea, SP dan Bendahara Wanton Naibaho, S.Sos, MPd yang disaksikan para pengurus lainnya.

Dalam pidatonya, Ketua FMKI Toba Samosir Ir. Viktor Silalahi  mengatakan, pelantikan pengurus FMKI ini merupakan momentum revitalisasi organisasi umat Katolik dalam menyatukan gerak langkah umat Katolik Toba Samosir khususnya, dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dikatakannya lagi, melalui FMKI akan menjadi wadah menghimpun, menyalurkan aspirasi dan menggali potensi umat Katolik serta meningkatkan peran serta masyarakat Katolik dalam pembangunan bangsa. Viktor juga mengatakan, bahwa dalam perjalanan organisasi ini nantinya akan senantiasa memegang teguh prinsip “In Principiis Unitas, In Dubiss Libertas, In Omnibus Caritas” yang berarti penekanan pada persatuan, kesatuan dan kebersamaan.

Sementara Ketua FMKI Sumatera Utara Parlindungan Purba, SH, MM meminta FMKI Toba Samosir supaya bertanggung jawab dalam peran dan fungsinya sehingga dapat bersama-sama dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan. Menurut Parlindungan, dia cukup bangga atas kesatuan yang diperlihatkan umat Katolik Toba Samosir hingga dapat diwujudkan melalui FMKI. Pada kesempatan tersebut, Parlindungan juga menyoroti kondisi sosial masyarakat sekarang ini yang perlu mendapat perhatian. Secara khusus, Parlindungan Purba memberi perhatian pada penyalahgunaan Narkoba saat ini, dan meminta FMKI Toba Samosir untuk bersama-sama secara konkrit dalam memerangi penyalahgunaan Narkoba di kalangan masyarakat. “Penyalahgunaan Narkoba sudah dalam tingkat yang mengkhawatirkan, karena itu diperlukan keseriusan masyarakat bersama-sama, dalam hal ini FMKI Toba Samosir untuk berada di garda terdepan”, kata Parlindungan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Deklarasi dan Pelantikan ini, Robert “Kempes” Pardede mengatakan, tema yang diangkat pada kegiatan tersebut adalah “Kelahiran FMKI sebagai Proses Pendewasaan Kerasulan Awam (Kerawam) menjadi Mitra Hirarkhi Gereja dalam menghadapi tantangan zaman”. Karena itu, kata Robert, melalui kegiatan FMKI ini akan mendorong terwujudnya masyarakat Indonesia yang menjungjung tinggi martabat manusia. Juga ditambahkannya, FMKI akan menjadi wadah masyarakat Katolik Toba Samosir dalam merumuskan gagasan-gagasan pembangunan  untuk memahami keadaan sosial politik dalam pemerintahan dan bernegara.

Acara deklarasi dan pelantikan pengurus FKMI Toba Samosir diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin Vicaris General Keuskupan Agung Medan Pastor Gabriel, SFD. Hadir juga pada kesempatan tersebut, Majelis Anggota FMKI Sumut Oloan Simbolon yang juga anggota DPRD Sumut, Moderator FMKI Sumut Pastor Aditya, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Kadis Perhubungan dan Infokom Espon Simanjuntak, dan Kabag Kessos Setdakab Tobasa Almen Tambunan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s