BUPATI KUNJUNGI DAN BANTU KORBAN MUSIBAH KEBAKARAN LUMBAN SINAGA

Konteks pembangunan yang pro-rakyat merupakan konsep pembangunan yang salah satunya menekankan pada adanya kepedulian terhadap kondisi dan kebutuhan rakyat. Mengacu pada Visi dalam mewujudkan Toba Samosir yang berlandaskan Kasih, Peduli dan Bermartabat, kembali Pemerintah Kabupaten Toba Samosir memperlihatkan kepedulian yang berlandaskan kasih kepada warganya yang tertimpa musibah kebakaran di Lumban Sinaga, Desa Hatinggian, Kecamatan Lumban Julu. Mengetahui musibah yang menimpa warganya, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Jumat (03/08), mengunjungi para korban sebanyak 4 (empat) rumah tangga, sekaligus menyalurkan langsung bantuan sebagai wujud tali kasih pemerintah dengan masyarakat.

Didampingi Camat Lumban Julu, Hendra Butar-Butar, AP, setibanya di lokasi kejadian, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, langsung menghampiri para korban untuk “mangupa – upa” dengan “boras sipir ni tondi” sebagaimana lazimnya adat Batak, dengan tujuan agar para korban yang baru ditimpa musibah, dapat lebih tegar menghadapi hidup ke depannya dan tidak larut dalam kesedihan. Bupati juga mengatakan bahwa kehadirannya di tempat itu merupakan wujud kepedulian pemerintah yang senantiasa memperhatikan kondisi masyarakatnya. Bupati menambahkan, agar bantuan yang diserahkan tidak dilihat dari besaran nilainya, namun dapat dimaknai sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian pemerintah yang turut prihatin atas musibah yang menimpa para korban. “Kiranya bantuan yang kami serahkan ini dapat bermanfaat untuk meringankan beban bapak ibu sekalian”, ujar Bupati. Bantuan yang diserahkan Bupati, langsung diterima para korban yang terdiri dari Keluarga Marjan Naibaho, Hasiholan Sinaga, Lintong Sitinjak, dan Gosen Manullang.

Bantuan yang diserahkan Bupati kepada para korban tersebut, berupa bahan sembako,  perlengkapan rumah tangga dan bantuan lainnya yang didanai  dari APBD Kabupaten Toba Samosir, APBD Provinsi Sumatera Utara serta bantuan dari Departemen Sosial RI. Juga diserahkan bantuan pakaian seragam sekolah bagi anak-anak sekolah yang menjadi korban.

Sesuai keterangan Camat Lumban Julu, sebagai langkah awal untuk membantu para korban, saat terjadinya kebakaran, pihaknya telah menginstruksikan kepala desa untuk mengevakuasi para korban ke rumah penduduk lainnya menunggu adanya tempat tinggal menetap bagi para korban. Dikatakannya lagi, kebakaran yang terjadi dapat dipadamkan, berkat dukungan petugas Pemadam Kebakaran dan Badan Kesbang dan Pollinmas dibantu warga sekitar. Ditambahkan Hendra, musibah kebakaran yang diperkirakan menyebabkan kerugian hampir satu milyard rupiah ini, terjadi pada hari Selasa (31/07) lalu, sekitar pukul 23.00 Wib. “Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib, sedangkan korban jiwa tidak ada”, beber Hendra.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s