Berita Terbaru

LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI TOBASA TAHUN 2011 MENCAPAI ANGKA 6,32 %

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan ukuran kinerja makro kegiatan ekonomi di suatu wilayah. Disamping itu, PDRB juga dapat menjadi indikator menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi baik secara total maupun per sektor dengan membandingkan PDRB tahun berjalan terhadap tahun sebelumnya menggunakan atas dasar harga Konstan tahun 2000. Menurut data sementara, perbandingan PDRB Toba Samosir Tahun 2010 dengan Tahun 2011 mengacu ke harga konstan tahun 2000, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Toba Samosir Tahun Anggaran 2011 berada dalam kisaran angka 6,32 %.  Angka ini menunjukkan adanya kenaikan PDRB sebesar 0,59 % dari 5,73 % di Tahun 2010.

Hal ini diutarakan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam pidatonya pada pengantar Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2011, dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Toba Samosir, Kamis (02/08) di Gedung DPRD Toba Samosir, Balige.

Juga dipaparkan Bupati, sektor yang memberikan kontribusi yang signifikan pada peningkatan PDRB tersebut adalah sektor Pertanian sebesar 35,64 % dan sektor Industri sebesar Rp.34,65 %. Juga terdapat kontribusi dari sektor-sektor lainnya yang mencapai angka hampir 10 %. Komposisi kontribusi dari setiap sektor juga sedikit mengalami pergeseran, dimana untuk Tahun 2010, sektor industri merupakan sektor yang memberikan kontribusi terbesar, sedangkan di Tahun 2011, sektor pertanian menjadi sektor penyumbang terbesar kenaikan PDRB ini.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, dengan memperhatikan laju pertumbuhan ekonomi tersebut, angka penduduk miskin di Kabupaten Toba Samosir mengalami penurunan menjadi 8,50 % atau sekitar 14.867 jiwa pada tahun 2011 dibandingkan data Tahun 2010 sebanyak 9,21 % atau sekitar 15.932 jiwa.

Dalam pidato nota pengantar pertanggung jawaban APBD TA 2011 ini, Bupati mengharapkan dukungan DPRD Toba Samosir sebagai mitra sejajar pemerintah, untuk memberikan pendapat dan saran yang konstruktif. Hal tersebut diharapkan nantinya, dapat dijadikan pihaknya, dalam melakukan evaluasi capain kinerja jajarannya sekaligus sebagai bahan pertimbangan dalam perumusan dan pengambilan kebijakan daerah kedepannya.

Melihat pencapaian ini, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Elisber Tambunan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir senantiasa mendorong kualitas pertumbuhan ekonomi di daerahnya, karena dengan demikian perbaikan kesejahteraan rakyat dan penanggulangan kemiskinan dapat tercapai. Dikatakannya lagi, secara umum struktur ekonomi Kabupaten Toba Samosir masih didominasi sektor pertanian, industri dan perdagangan. Karena itu, pihaknya terus mendorong sektor lainnya  melalui instansi terkait, untuk menyusun program kerja yang relevan dengan tujuan tersebut, sehingga akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s