ANTISIPASI ARUS MUDIK, POLRES TOBASA GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT TOBA 2012

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1433 H yang berpotensi pada peningkatan kepadatan lalu lintas jalan raya, Polres Toba Samosir beserta instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Infokom, Badan Kesbang, Politik dan Linmas, Kantor Satpol PP dan unsur TNI melaksanakan Apel Kesiapan dan Gelar Pasukan “Operasi Ketupat Toba 2012”, Jumat (10/08) di pelataran Mapolres Toba Samosir, di Porsea. Gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bukti kesiapan seluruh personil dan instansi terkait guna pengamanan dalam mewujudkan SITKAMTIBMAS yang aman dan terkendali dan menjamin rasa aman dan keselamatan masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Toba Samosir AKBP Budi Suherman di sela-sela Gelar Pasukan yang berlangsung, Kapolri mengatakan, diperlukannya tampilan kinerja Polri dan seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait, untuk merumuskan langkah-langkah inovatif dan cara bertindak yang efektif guna mengatasi berbagai potensi kerawanan yang terjadi, khususnya selama bulan Ramadhan dan saat berlangsungnya tradisi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri. Karen itu, Kapolri meminta, agar Operasi Ketupat 2012 tersebut dapat dikategorikan berhasil, terdapat beberapa indicator yang harus diperhatikan seperti terciptanya kelancaran lalu lintas pada “trouble spot”, berkurangnya angka kecelakaan, angka pelanggaran lalu lintas dapat ditekan, terciptanya Kamtibmas yang kondusif serta mampu mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman dan gangguan. Kapolri juga menghimbau jajarannya, agar selama operasi digelar, untuk mengedepankan kegiatan preemtiv, preventif dan penegakan hukum. Dengan demikian, akan dapat diberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih komprehensif.

Selesai apel Gelar Pasukan, Kapolres Toba Samosir, AKBP Budi Suherman dalam keterangannya dihadapan wartawan menjelaskan, selama pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2012, pihaknya bersama instansi terkait akan mengarahkan personil sebanyak 200 orang. Ditambahkannya lagi, juga telah disiapkan 5 Pos Pengamanan (POS PAM) yang berada pada 5 (lima) titik, yaitu Pos PAM Ajibata, Pos PAM Balige, Pos PAM Tampahan, Pos PAM Laguboti dan Pos PAM Siraituruk. Dengan keberadaan Pos PAM ini, Kapolres berharap, pengaturan lalu lintas, patroli, penjagaan, bantuan kesehatan dan pelayanan informasi kepada para pengguna jalan raya dapat terlaksana dengan maksimal.

Saat Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2012 ini berlangsung, terlihat hadir Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, Kajari Balige Timbul Pasaribu, Kaban Kesbang, Politik dan Linmas Edward R. Tampubolon, Wakapolres F. Tampubolon dan undangan lainnya. Sementara kesatuan barisan yang ikut menggelar kesiapan personilnya, terdiri dari unsur Kepolisian/ TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Pol PP, Pemadam Kebakaran, Kesehatan dan Organisasi Kepemudaan.

Sehari sebelumnya, untuk mematangkan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2012 hingga terwujudnya Siskamtibmas yang aman dan terkendali, Kamis (09/08) di Mapolres Toba Samosir, telah dilakukan Rapat Koordinasi yang melibatkan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Infokom, Badan Kesbang, Politik dan Linmas, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, TNI dan Polres Toba Samosir.

Pertemuan ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang persiapan yang dilakukan menjelang operasi, dengan demikian, akan diperoleh kesamaan persepsi dalam menempuh langkah-langkah guna menciptakan SITKAMTIBMAS yang kondusif pada bulan Ramadahan dan Hari Raya Idul Fitri 1433 H.

Dalam pertemuan itu juga disepakati, bahwa Kepolisian Resort Tobasa beserta seluruh jajarannya dan perkuatannya dalam hal ini instansi yang terlibat dalam operasi ini, akan melaksanakan operasi Kepolisian terpusat “Ketupat Toba 2012” selama 16 (enam belas) hari, dengan rincian H-9 sebelum lebaran dan H+6 setelah lebaran di Wilayah hukum Polres Tobasa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s