PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA TOBASA, AJIBATA DIRENCANAKAN JADI KAWASAN ”THEME PARK”

Pengembangan destinasi wisata di Toba Samosir, salah satunya harus dapat ditempuh dengan mendorong eksplorasi keunikan segala potensi wisata yang dimiliki, baik dari potensi alam maupun potensi budaya yang ada. Memperhatikan potensi yang dimiliki saat ini, Toba Samosir memiliki “aura” untuk lebih berkembang dan maju di sektor pariwisata. Karena itu, upaya yang dapat ditempuh, antara lain dengan mengkombinasikan potensi alam dan potensi budaya tersebut sebagai modal dalam strategi pengembangan pariwisata tersebut.

Hal ini diutarakan Ary Suhada, Direktur Indonesian Ecotourism National (Indecon), selaku konsultan pada Workshop Penyusunan Tourism/ Destination Management di Kantor Dinas Kebudayaan  Pariwisata Toba Samosir, Selasa (14/08) di Balige. Workshop yang digelar Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif serta didukung oleh Indecon sebagai konsultan pendamping, merupakan dari rangkaian kegiatan Destination Management Organization (DMO) yang sedang digalakkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba Samosir.

Lebih lanjut, Ary mencoba mengambil contoh, bahwa kawasan Ajibata sangat ideal untuk dikembangkan menjadi kawasan “Theme Park”, yang secara masyarakat awam dapat diartikan sebagai “taman bertema”, atau sejenis abjek wisata atau lokasi rekreasi yang mengangkat tema khusus atau memiliki ciri khusus. Jadi menurut Ary, hal-hal dengan keunikan yang tersendiri seperti ini akan sangat mampu mendorong kunjungan wisatawan. Disamping konsep pengembangan “theme park” ini, Ary juga mengatakan, Toba Samosir juga memiliki potens-potensi wisata lainnya untuk dikembangkan, seperti pengembangan kawasan wisata pendidikan dan kawasan wisata tirta. Untuk kawasan wisata tirta/ air, menurut Ary, potensi ini sangat luar biasa dimiliki Toba Samosir. Untuk itu katanya, diperlukan desain yang tepat sehingga potensi ini benar-benar dapat dimanfaatkan untuk menjadi destinasi wisatawan.

Menurut Ary, pengembangan potensi pariwisata ini perlu lebih digalakkan, mengingat Toba Samosir dan kawasan Danau Toba sekitarnya, memiliki posisi yang sangat strategis pada pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan merupakan kawasan prioritas sebagaimana disusun pada Renstra Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif RI. Dijelaskannya lagi, kontur tanah di wilayah Toba Samosir yang bergunung tipis dan dataran yang luas, bila ditinjau dari aspek potensi wisata, daerah ini sangat layak dan memiliki nilai jual bagi wisatawan. Karena itu, menurutnya, potensi-potensi inilah yang membutuhkan perhatian pemerintah setempat dan dunia usaha khususnya di sektor pariwisata untuk ditumbuhkembangkan.

Hadir pada pelaksanaan Workshop ini, Dewi Tri Anggraini dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa Robert Pardede, Kadis Lingkungan Hidup Agust Nadeak, Kadis Pekerjaan Umum Jhon Piter Silalahi, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, para dunia usaha khususnya yang menggeluti sektor pariwisata, para pemerhati pengembangan pariwisata serta mewakili satuan kerja perangkat daerah sebagai instansi terkait pada pengembangan pariwisata Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

 

 

 

2 thoughts on “PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA TOBASA, AJIBATA DIRENCANAKAN JADI KAWASAN ”THEME PARK””

  1. Potensi wisata di Kawasan Toba Samosir sangat luar biasa, sebagai masyarakat kami mengharapkan Pemkab Toba Samosir, Pemprov. Sumut dan Pemerintah dapat membuat Rancangan dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung potensi tersebut. Selama ini belum ada.

    1. yth. Sigura-gura

      terima kasih tanggapannya, mengingat potensi pariwisata yang luar biasa ini, secara bertahap, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir akan semaksimal mungkin melakukan pengembangan sektor wisata. Program pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah disusun berbagai program kerja dan kegiatan untuk mendorong kemajuan sektor ini. Namun demikian, dukungan baik dari pihak pemerintah pusat, pihak swasta serta seluruh elemen masyarakat tetap sangat diharapkan untuk dapat berperan serta. Partisipasi berupa keterlibatan berbagai pihak untuk berinvestasi di sektor ini akan didukung demi kemajuan sektor wisata dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku.

      horas
      admin,
      (Kasubbag PPD)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s