PEMKAB TOBASA GELAR BUKA PUASA BERSAMA MASYARAKAT MUSLIM TOBASA

Guna meningkatkan rasa kebersamaan antara pemerintah dan masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia Tobasa mengadakan rangkaian kegiatan Buka Puasa Bersama Warga Muslim Toba Samosir di tingkat Kecamatan se-Toba Samosir. Acara buka bersama Pemkab Tobasa dan MUI bersama masyarakat Islam Kecamatan seTobasa dilaksanakan di empat titik dan dilangsungkan sejak Jumat (10/08) hingga Senin (1/083) selama bulan Ramadhan 1433H Tahun 2012. Rangkaian kegiatan ini sendiri berakhir di di Masjid Mahlan Ya Salam Aek Natolu Kec. Lumban Julu, Senin (13/8) dengan dihadiri Sekdakab Toba Samosir Liberty Manurung.

Pada acara penutupan program buka bersama tingkat kecamatan ini, Sekdakab Tobasa Liberty Manurung Biztel didampingi Asisten Pemerintahan Drs. Wasir Simanjuntak, Kabag Kessos Almen Tambunan,Kabag Humas Tobasa Elisber Tambunan, Camat Lumban Julu Hendra Butarbutar, Camat Bonatua Lunasi, dan Kapolsek LumbanJulu G. Purba. Sementara dari MUI hadir Ketua MUI Tobasa Drs.J.E.Samosir dan Ketua Komisi Infokom MUI Tobasa MHD Ali M Pardede. Juga hadir para tokoh Agama Islam di Kecamatan Lumbanjulu, Ajibata dan Bonatua Lunasi serta masyarakat muslim ditiga kecamatan tersebut.

Pada sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Sekdakab menyampaikan, program ini dilaksanakan hasil kerjasama Pemkab dengan MUI Tobasa.sementara anggarannya secara keseluruhan ditampung pada APBD TA 2012. Dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menjalin tali persaudaraan antara Pemerintah dengan rakyatnya. Dengan kegiatan ini diharapkanakan memberikan makna, bahwa  Pemkab terus berupaya membenahi dan meningkatkan pelayanan dibidang keagamaan dan sosial yang juga menjadi salah satu pilar pembangunan Tobasa. Oleh karena itu, Bupati mengajak untuk senantiasa bersatu padu menjaga kearifan lokal, saling bersinergi dan saling memahami.

Sementara itu, Ketua MUI Tobasa Drs. Johari Efendi Samosir pada ceramahnya menyampaikan pesan Ramadhan ibarat sinar laser yang merontokkan virus Kanker didalam jiwa umat Islam. Sementara Kanker diartikan sebagai sifat-sifat tidak taat dan sadis seperti sombong, angkuh, dengki, iri dan sangka buruk. Ditengah hujan deras yang turun saat ini kita mohonkan dan harapkan menjadi moment turunnya malam Lailatul Qadar sebagai mana dijanjikan oleh Allah SWT. Untuk itu mari kita berIkhtihar memohon keridhoan-NYA semoga semua amal ibadah kita selama Bulan suci Ramadhan berkenan dan diridhoi Allah sehingga pada masuknya bulan Syawal kita kembali ke tingkatan yang benar-benar Fitri, kata Samosir.

Untuk pelaksanan buka puasa Pemkab Toba Samosir, MUI Toba Samosir bersama warga Muslim Toba Samosir ini, dibagai dalam 4 (empat) wilayah, dengan wilayah 1 berlokasi di Masjid Nurul Iman Laguboti mencakup Kec.Tampahan, Balige dan Laguboti dilaksanakan Jumat (10/8). Wilayah 2 berlokasi di Masjid Al-Dakwah Silaen mencakup Kec. Sigumpar,Silaen,Borbor,Nassau dan Habinsaran diadakan Sabtu (11/8). Wilayah 3 bertempat di Masjid Al-Ikhlas Parmaksian mencakup Kec. Siantar Narumonda,Uluan, Porsea, Parmaksian dan Pintupohan Meranti. Sementara untuk wilayah 4 diadakan di Masjid Mahlan ya Salam meliputi Kec.Bonatua Lunasi,Lumbanjulu dan Ajibata.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s