MAKSIMALKAN PROSES PEREKAMAN, DISDUKCATPIL TOBASA LAKUKAN MOBILE ENROLLMENT

Upaya mensukseskan proses perekaman data penduduk di Toba Samosir sebagai bagian dari pelaksanaan KTP Elektronik atau e-KTP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir melakukan melakukan perekaman secara mobile, yakni proses perekaman dengan menjumpai langsung para wajib e-KTP, yang disebabkan berbagai hal belum dapat melakukan perekaman.  Demikian disampaikan Kadis  Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toba Samosir, Rosita Siagian kepada beberapa wartawan, Kamis (30/08), di Kantor Bupati Toba Samosir, ketika melakukan demonstrasi penggunaan peralatan “mobile enrollment” yang baru diterima instansi yang dimpimpinnya dari Pemerintah Pusat. “Dengan dukungan peralatan yang baru kita terima ini, kita akan jemput bola sehingga proses perekaman data dapat lebih maksimal terlaksana”, papar Rosita.

Dalam demontrasi peralatan enrollment mobile ini, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu beserta isteri Ny. Agustina Sambenga br Sibuea, didaulat untuk melakukan uji coba penggunaan alat ini dengan melakukan proses perekaman data. Hal ini juga diikuti para pejabat, dan staf serta karyawan di Lingkungan Kantor Bupati Toba Samosir yang belum melakukan perekaman data, karena belum mendapat panggilan guna perekaman dari Kantor Kecamatan tempat tinggalnya atau dikarenakan sebab lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Rosita, guna pencapaian target perekaman massal e-KTP sebagaimana dijadwalkan akan berakhir pada 15 Oktober 2012 ini, pihaknya akan semaksimal mungkin mengefektifkan perekaman data secara mobile ini. “Karena itu, begitu alat mobile enrollment ini kita terima, langsung kita manfaatkan”, kata Rosita. Dikatakannya lagi, pihaknya juga akan memanfaatkan penggunaan alat ini bagi masyarakat yang tidak dapat melakukan perekaman di kecamatan diakibatkan karena sedang sakit maupun yang sedang menjalani hukuman di rumah tahanan. “Jadwal perekaman di rumah-rumah sakit maupun di rumah tahanan sudah kita persiapkan, kita sedang meminta data-datanya”, papar Rosita lagi.

Untuk peralatan mobile enrollment ini, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir mendapatkan alokasi sebanyak 1 (satu) unit. Dijelaskan Rosita, peralatan mobile enrollment ini hampir sama dengan peralatan yang telah ditempatkan di kecamatan-kecamatan, yang terdiri dari peralatan iris mata, finger print, signature pad, kamera dan tripod, adaptor kit serta laptop. “Nantinya data yang sudah diperoleh akan dikirimkan via satelit ke kecamatan sesuai dengan domisili warga yang telah terekam melalui mobile enrollment, dengan demikian akan terdapat sinkronisasi data sebagaimana kuota 139.404 wajib e-KTP di Tobasa yang akan kita penuhi”, terang Rosita. (iq)

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s