BUPATI AJAK INSAN PERS MEMBANGUN MASYARAKAT YANG CERDAS MELALUI INFORMASI YANG BERKUALITAS

Di era kehidupan yang demokratis ini, peranan insan pers berada dalam posisi yang sangat strategis, karena disamping sebagai alat kontrol sosial, insan pers juga berperan sebagai media pencerdasan masyarakat dan sebagai sumber dan penyalur informasi bagi masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Liberty Pasaribu, pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (DPC – AWDI) Kabupaten Toba Samosir, Kamis (06/09) di Aula Gereja HKBP di Balige.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, kualitas informasi yang disajikan insan pers, sangat mempengaruhi opini dan sikap masyarakat pada keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Karena itu, dalam mendukung  penyediaan layanan informasi yang berkualitas ini, pihaknya telah mengambil kebijakan dengan menghunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi hingga ke tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Melalui kebijakan ini, Bupati berkeyakinan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sebagai badan publik, dapat memenuhi tanggung jawab dalam menjamin hak publik akan informasi dengan pelayanan yang optimal. Maka dalam memenuhi hak publik akan informasi, Bupati mengajak seluruh insan pers di Toba Samosir, untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah, menyajikan informasi yang berkualitas untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berwawasan luas, sehingga dapat mendukung jalannya pembangunan di Kabupaten Toba Samosir dengan dilandasi Kasih, dibalut kepedulian yang tinggi dalam tatanan kehidupan yang bermartabat sebagaimana visi dan misi yang diusung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati selaku unsur Pembina DPC-AWDI Toba Samosir menghimbau, agar para insan pers yang tergabung dalam DPC-AWDI Toba Samosir, dalam menjalankan peran dan fungsinya dapat memenuhi tanggung jawab profesi dengan baik dengan tetap menjungjung tinggi norma-norma dan etika tanpa meninggalkan semangat dan jiwa kritis yang membangun sesuai Kode Etik Jurnalistik dan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Wabup Liberty Pasaribu menambahkan, tuntutan reformasi birokrasi telah menempatkan insan pers sebagai pilar ke-4 dalam penyelenggaraan pemerintahan, karena itu diharapkannya, disamping dapat memberikan kritikan yang konstruktif, jurnalis diharapkan dapat memberikan kontribusi yang konstruktif pula melalui sumbangsih saran dan solusi pada perencanaan pembangunan dan pengayoman terhadap masyarakat. “Eksekutif sebagai perencana dan pelaksana pembangunan serta pengayom masyarakat, juga mengharapkan adanya kontribusi yang konstruktif insan pers pada seluruh tahapan tersebut”, kata Liberty.

Di lain kesempatan, Ketua DPRD Toba Samosir, Sahat Panjaitan mengatakan, kehadiran DPC-AWDI Toba Samosir diharapkannya, akan senantiasa dapat menyuarakan suara rakyat, serta dapat menyajikan ramuan informasi yang mampu memberi dorongan dalam mewujudkan pembangunan di Toba Samosir.

Dewan Penasehat DPC-AWDI Toba Samosir yang diwakili Ir. Viktor Silalahi, mengungkapkan harapannya, DPC-AWDI Toba Samosir akan menjadi “pilot project” wadah insan pers sebagai corong informasi yang baik dan sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam menjalankan kontrol sosial. “Jadikan juga organisasi ini, sebagai wadah untuk berkomunikasi bagi seluruh jurnalis yang bergabung didalamnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan wawasan SDM di dalamnya”, ujar anggota DPRD Toba Samosir ini.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPW-AWDI Provinsi Sumatera Utara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris DPW-AWDI Provinsi Sumatera Utara, Martinus Tarigan. Diingatkannya juga, supaya DPC-AWDI Toba Samosir dapat lebih menghayati fungsi, tugas dan tanggung jawabnya secara independen mengingat keberadaan AWDI merupakan implementasi kebebasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Mewakili organisasi pers lainnya, Oloan Pardede dari PWI Bona Pasogit berharap, para wartawan yang tergabung dalam DPC-AWDI Toba Samosir dapat menjadi wartawan yang berani membela kebenaran dan keadilan, berbudi luhur, bertanggung jawab dan bekerja untuk kepentingan masyarakat, serta cermat dalam karya jurnalisnya.

Ketua terpilih DPC-AWDI Toba Samosir, Julius Parto Siahaan, mengatakan, organisasi yang dipimpinnya akan berupaya meningkatkan kinerja para jurnalis yang tergabung didalamnya sebagai kontrol sosial dalam mewujudkan pembangunan yang bermartabat. Karena itu, pihaknya juga akan menjadikan AWDI sebagai wadah menciptakan jurnalis yang profesional untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan masyarakat yang cerdas dan berwawasan.

Pelantikan pengurus DPC-AWDI Toba Samosir ini, ditandai dengan penyerahan pataka AWDI serta Surat Keputusan Pengesahan Pengurus DPC-AWDI Toba Samosir oleh DPW-AWDI Provinsi Sumatera Utara kepada Ketua DPC-AWDI Toba Samosir didampingi para pengurus lainnya. Turut hadir mendampingi Wakil Bupati pada acara ini, antara lain Asisten Pemerintahan, Wasir Simanjuntak, Staf Ahli Bupati, Lodewyk Panjaitan, Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan, dan Camat Balige, Sahala Siahaan. (iq)

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s