BKAG TOBASA JUGA DIHARAPKAN AKTIF MENSUKSESKAN PROGRAM-PROGRAM PEMERINTAH

Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kabupaten Toba Samosir sejak keberadaannya dari Tahun 2000 hingga 2012 di Kabupaten Toba Samosir, dinilai telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Peranan BKAG, salah satunya dalam pembangunan rohani yang telah dilakukan terhadap para jemaat gereja-gereja yang tergabung didalamnya, dipandang dengan sendirinya telah mendorong kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Demikian menurut Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Jumat (07/09), yang disampaikan melalui Wakil Bupati, Liberty Pasaribu di sela-sela syukuran kantor baru Sekretariat BKAG Toba Samosir di Balige.

Melihat peranan ini, Bupati menyampaikan harapannya lebih jauh lagi, agar BKAG turut berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah lainnya. Secara khusus pada kesempatan tersebut, Bupati meminta BKAG dapat ikut mensukseskan pelaksanaan e-KTP dengan melakukan sosialisasi  lebih lanjut kepada jemaat-jemaat gereja yang tergabung di BKAG mengingat tenggat waktu perekaman e-KTP sudah semakin dekat. Hal lain yang menurut Bupati perlu dukungan BKAG, yakni upaya memerangi berbagai penyakit sosial dan peranan dalam memutus rantai peredaran isu yang meresahkan masyarakat. Bupati juga mengatakan, dalam upaya mengurangi pemanfaatan lahan produktif sebagai tempat pemakaman, Bupati melalui BKAG menghimbau agar hal ini dapat lebih disosialisasikan, agar pemakaman dilakukan dengan memanfaatkan lahan wakaf yang sudah ada dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku. Menurutnya, pengaturan dan penataan lokasi makam ini sudah sangat perlu dilakukan, karena hal ini di masa mendatang, dikuatirkan akan menjadi salah satu yang dapat memperlambat jalannya pembangunan.

Selaku pembina organisasi kemasyarakatan yang mewadahi para rohaniawan dari berbagai denominasi berbagai gereja ini, Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu meminta BKAG, untuk menjadi agen penyebar informasi pada perencanaan pembangunan melalui gereje-gereja yang tergabung didalamnya, sehingga perencanaan pembangunan dapat disusun lebih terarah dan terdapat sinkronisasi dengan program yang direncanakan pemerintah. Lebih lanjut, Liberty menyarankan, agar kedepannya program-program kerja BKAG dapat lebih berhasil guna, BKAG diharapkan mampu merangkul gereja-gereja lainnya yang belum tergabung dalam BKAG Kabupaten Toba Samosir.

Syukuran dan ramah tamah dengan para pengurus BKAG Toba Samosir ini, juga diisi dengan pamaparan singkat program kerja BKAG oleh Ketua BKAG yang wakili Wakil Ketua IV AS. Pangaribuan. Dijelaskannya juga, dalam waktu dekat, BKAG Toba Samosir akan secara bertahap melakukan persiapan pada pelaksanaan pertemuan tahunan tokoh-tokoh muda gereja-gereja se-Toba Samosir. Bahkan untuk kegiatan lainnya, Pihaknya juga sudah menjadwalkan pertemuan pembahasan pelaksanaan perayaan Natala Oikumene Tahun 2012 tingkat Kabupaten Toba Samosir.

Sementara di sela-sela ramah tamah dengan para pengurus dan anggota BKAG, dilakukan diskusi seputar upaya langkah-langkah yang akan ditempuh kedepannya guna mamaksilkan peranan BKAG hingga di tingkat kecamatan. Pada kesempatan ini, Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir, Wasir Simanjuntak menyarankan, BKAG kedepannya juga dapat memberikan terobosan-terobosan baru guna membantu pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan-permasalahan sosial lainnya yang timbul di masyarakat. Senada dengan Asisten Pemerintahan, Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan berpendapat, dalam penangangan penyakit-penyakit sosial di masyarakat, BKAG di tingkat kabupaten dan di tingkat kecamatan disarankan dapat bersama-sama dengan pemerintah dalam memerangi kondisi tersebut. Pendapat ini juga diamini Camat Balige, Sahala Siahaan yang hadir bersama Kapolsek Balige AKP Gibson. Dan menurutnya lagi, keterlibatan BKAG melalui pelayanan rohani akan sangat efektif menangkis krisis moral yang mungkin terjadi di masyarakat.

Acara yang berlangsung sederhana dan penuh keakraban ini, sebelumnya diawali dengan pelaksanaan kebaktian singkat, sebagai wujud ibadah syukur atas keberadaan kantor sekretariat BKAG ini.  Dalam renungan yang dibawakan Pdt. Daniel Simamora, STh, mengutip nats Alkitab dari Amsal 14:26-35, yang mengajak seluruh masyarakat dan pemerintah untuk senantiasa mengandalkan kekuatan Tuhan dalam mewujudkan kemajuan di Toba Samosir. Pdt. Daniel yakin, dengan mengandalkan kekuatan Tuhan, pemerintah dan masyarakat yang takut akan Tuhan, niscaya kerinduan akan kemajuan di Toba Samosir akan lebih mudah tercapai.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s