Berita Terbaru

PRO AKTIF PADA PENYELESAIAN SENGKETA TANAH, PEMKAB TOBASA BENTUK TIM

Sekdakab Toba Samosir, Liberty Manurung memimpin Tim Penyelesaian Sengketa Tanah dan Bangunan Pemkab Toba Samosir, ketika Meninjau Lahan Eks Perkebunan Teh Sibosur PTPN IV, Rabu (29/08)

Status kepemilikan tanah ataupun suatu lahan pada suatu wilayah baik kepemilikan secara pribadi ataupun berkelompok, kerap kali menjadi batu sandungan yang memperlambat pelaksanaan berbagai program pembangunan yang dicanangkan pemerintah. Sebagaimana lazimnya daerah adat lainnya, status kepemilikan atas tanah dengan Hak Ulayat sering menjadi perebutan oleh berbagai kelompok masyarakat. Tidak jauh berbeda, situasi seperti ini juga, sering terjadi di wilayah Kabupaten Toba Samosir, mengingat banyaknya status tanah ulayat yang di klaim kepemilikannya oleh keturunan “marga-marga” tertentu di daerah tersebut. Dan sebagai daerah yang tatanan kehidupan sehari-hari banyak diatur oleh adat istiadat, sejatinya memang status kepemilikan atas tanah ulayat oleh sekelompok masyarakat tertentu memang tidak mungkin dipungkiri.

Melihat kondisi ini, untuk menghindari berbagai polemik berkepanjangan antara sesama kelompok masyarakat ataupun dengan pemerintah atas status berbagai lahan yang oleh beberapa pihak yang saling klaim sebagai pemilik yang sah pada beberapa tempat di Toba Samosir, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah membentuk Tim Penyelesaian Permasalahan Sengketa Tanah dan Bangunan di Kabupaten Toba Samosir sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 175 Tahun 2012.

Menanggapi keberadaan Tim ini, Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan, Selasa (18/09) di ruang kerjanya mengatakan, Tim ini dibentuk, sebagai upaya pro-aktif pemerintah daerah dalam menjembatani permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul di masyarakat terkait sengketa lahan. “Kejelasan status kepemilikan tanah maupun suatu lahan, yang mungkin terjadi di masyarakat harus mendapat perhatian serius dari pemerintah, sehingga tidak menimbulkan gesekan-gesekan di masyarakat, karena itu, Tim ini langsung dipimpin Pak Sekda”, ujar Elisber. Dijelaskannya lagi, disamping untuk melakukan fasilitasi penyelesaian sengketa tanah, keberadaan Tim tersebut juga dimaksudkan untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada dengan melakukan dialog dengan para pihak yang bersengketa dan instansi yang berkompeten di bidang pertanahan. Secara bertahap dikatakan Elisber, Tim ini sudah menangani berbagai permasalahan sengketa lahan dengan mempertemukan pihak-pihak yang bersengketa guna menemukan solusi yang tepat.

Tim Penyelesaian Sengketa Tanah dan Bangunan Pemkab Toba Samosir ketika melakukan fasilitasi sengketa lahan di Kawasan Sidugul, Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kamis (13/09).

Sementara itu di tempat terpisah, Kabag  Pemerintahan melalui Kasubbag Pertanahan, Saut MT Sihombing menambahkan, hingga saat ini, Tim ini tengah menangani puluhan sengketa lahan di Toba Samosir seperti masalah lahan eks kebuh teh PTPN IV di Sibosur, masalah tanah Landbow di Lagoboti, tanah di Motung, sengketa tanah warga dengan PT TPL di Parmaksian, dan sengketa lahan lainnya. “Masih ada beberapa sengketa lahan yang ditangani, yang terakhir sengketa lahan di Kawasan Sidugul Sibisa dan lahan Poskesdes di Aek Natolu”, beber Saut.

Dalam sengketa lahan seluas + 400 Ha di Kawasan Sidugul Sibisa, Kecamatan Ajibata, Saut Sihombing menjelaskan, Selasa (06/09) di Kantor Camat Ajibata, Tim ini sudah mempertemukan para pihak yang bersengketa. Pada pertemuan tersebut dijelaskannya, melalui mediasi yang dilakukan pemerintah, untuk menghindari polemik berkepanjangan antara pihak yang bersengketa, telah disepakati solusi agar seluruh aktifitas pengelolaan lahan tersebut dihentikan menunggu adanya status hukum yang tetap atas kepemilikan lahan tersebut, apalagi menurut data Dinas Kehutanan Toba Samosir, lahan tersebut termasuk dalam Kawasan Hutan Negara Register 91.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s