TAHUN 2015, TOBASA UPAYAKAN SELURUH KECAMATAN MILIKI SATUAN PENDIDIKAN HINGGA JENJANG SMA/SMK

Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Sabtu, (22/9), ketika menghadiri syukuran atas pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMK N 1 Sigumpar mengatakan, mengingat pentingnya pembangunan di sektor pendidikan, pihaknya hingga Tahun 2015 akan berupaya, agar seluruh wilayah kecamatan di Toba Samosir sudah harus memiliki satuan pendidikan, dari jenjang Sekolah Dasar hingga ke Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan. Syukuran bersama warga Dusun Dolok Nabolon Desa Marsangap, Kecamatan Sigumpar ini, berlangsung di areal pendirian bangunan USB yang merupakan hibah dari masyarakat setempat.

Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan, pembangunan SMK Negeri 1 Sigumpar telah menambah jumlah satuan pendidikan setingkat sekolah menegah atas. Sesuai visi Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, yakni masyarakat yang memiliki kasih, peduli dan bermartabat maka salah satu pilar pembangunan tentunya dibidang pendidikan. Sehingga pada Tahun 2015, diharapkan masing masing kecamatan telah mempunyai satuan pendidikan mulai jenjang sekolah dasar, menengah pertama hingga sekolah menengah atas dan kejuruan. “Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Desa Marsangap, tokoh masyarakat Mananggara Siagian, atas ketulusan hati dan kerelaan menyerahkan tanah ini kepada pemerintah, “ kata Pandapotan.

Bupati menambahkan, masalah pendidikan dan kualitas sumber daya manusia telah menjadi perhatian pemerintahannya, termasuk dari segi biaya dan anggarannya. Lebih penting lagi, kata Bupati mengingatkan, berapapun besarnya anggaran yang disediakan untuk pendidikan bila tidak dikelola dengan baik serta tidak dibarengi dengan kemauan dan tekad untuk maju maka apa yang diupayakan oleh pemerintah akan sia sia. “Karena itu, mari bahu membahu demi kemajuan pendidikan di Toba Samosir,” ajak Bupati.

Sekolah, sebagai ujung tombak terdepan harus memiliki program pembangunan jangka pendek, menengah dan program jangka panjang. Dengan tahapan pencapaian yang jelas. “Tentu tetap mengacu pada tuntutan kemajuan serta menyesuaikannya dengan permasalahan yang ada dimasyarakat, “ paparnya lagi pada bagian sambutannya.

Mananggara Siagian mengatakan kesediaan jika pemerintah daerah membutuhkan lahan untuk pembangunan. Seluruh masyarakat desa bersedia memberikan lahannya asalkan untuk kepentingan pembangunan. “Kami siap, jika tanah kami dibangun gedung sekolah atau gedung pemerintahan,“ ujar Mananggara.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir, Mariani MPd mengatakan, areal pembangunan USB yang merupakan hibah dari masyarakat berdiri di lokasi dengan luas kurang lebih 2 Ha. “SMKN 1 Sigumpar ini terwujud atas dukungan Bupati serta hasil kerja kita untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMK,“ ujar Mariani. Ditambahkannya, Pembangunan gedung SMKN 1 Sigumpar tersebut direncanakan secara “multy years” sampai terpenuhi standar minimal sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran teori dan praktik lapangan, termasuk dalam pengangkatan tenaga pendidik dan kependidikan.

Diterangkannya lagi, pembangunan Unit Sekolah Baru SMKN 1 Sigumpar, merupakan salah satu bagian dari  proposal yang diajukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir pada 4 lokasi di 4 kecamatan yaitu Sigumpar, Nassau, Tampahan dan Ajibata. Ke empat lokasi tersebut, akan dibangun SMK dengan berbagai jurusan yang berbeda. SMK di Kecamatan Nassau akan dibuka Jurusan Perkayuan dan Multimedia, di Tampahan untuk Jurusan Pertanian, sementara di Ajibata dibuka Jurusan Pariwisata dan Tata Boga. Untuk SMK Sigumpar, membuka bidang keahlian Agribisnis dan Agroteknologi dengan spesialisasi agribisnis produksi pertanian dan peternakan.   (TT/iq)

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s