BUPATI AJAK SELURUH ELEMEN MASYARAKAT BERKOMITMEN MEREVITALISASI PROGRAM KB

Keluarga merupakan wadah untuk membentuk karakter dasar manusia yang dimulai sejak masa kanak-kanak. Di dalam keluarga juga, dapat dibangun kualitas manusia secara utuh, yakni mencakup segi kesehatan, pendidikan, ketrampilan, sikap, karakter dan lainnya. Karena itu, keluarga merupakan wahana utama bagi pewarisan peradaban dan budaya karena mempraktekkan nilai-nilai dasar hubungan antar manusia. Demikian menurut Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya pada Peringatan Hari Keluarga ke XIX yang dirangkai dengan Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupate Toba Samosir, Selasa (25/09) yang dipusatkan di Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba Samosir.

Melihat pentingnya peran keluarga dalam kehidupan sehari-hari, Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat Toba Samosir untuk dapat berkomitmen dalam melakukan revitalisasi Program Keluarga Berencana (KB), yang salah satunya agar sejalan dengan revitalisasi Program Posyandu yang terbukti mampu mengatasi masalah kesehatan dan dapat menekan laju pertumbuhan penduduk. Dengan revitalisasi tersebut,  Bupati yakin program ini akan mampu memutus mata rantai kemiskinan yang rentan pada suatu keluarga sehingga dapat tercipta keluarga yang sehat, bahagia, sejahtera dan berkualitas sesuai dengan target Millenium Development Goals Tahun 2015. “Program KB harus kita laksanakan secara serius di setiap tingkatan wilayah, agar tidak terjadi ledakan penduduk atau Baby Booming di masa mendatang”, ajak Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memberi apresiasi atas seluruh kerja keras dan terobosan yang telah ditempuh Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Samosir dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kwalitas kesehatan masyarakat Toba Samosir, dimana pada pelaksanaannya menjadikan keluarga sebagai sasaran utamanya. Peran PKK sebagai penggerak di masyarakat khususnya dalam 10 Program Pokok PKK, menurut Bupati, telah memperlihatkan fungsinya dengan baik dan sangat membantu pemerintah dalam pembangunan keluarga dan masyarakat.

Di lain kesempatan, Ketua TP PKK Kabupaten Toba Samosir Ny. Netty Pandapotan br Pardosi menyampaikan harapannya, melalui penyelenggaraan kegiatan diharapkan, dapat menanamkan kesadaran akan pentingnya peranan keluarga dalam kehidupan sehari-hari, mengingat di dalam keluarga pula, nilai-nilai moral terhadap anak-anak dapat ditanamkan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam dirinya sebagai generasi penerus bangsa. Karena itu, dalam menanamkan pemahaman secara utuh, Ny. Netty berharap adanya peran serta dan dukungan seluruh pihak termasuk pemerintah, untuk dapat bersinergi dengan TP PKK Kabupaten Toba Samosir, sehingga dapat tersosilisasi di masyarakat secara maksimal.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh perwakilan/ kontingen yang terdiri dari TP-PKK, BKB, PPLKB dan peserta lomba setiap kecamatan di Kabupaten Toba Samosir ini berlangsung dengan hikmat serta dimeriahkan dengan pelaksanaan perlombaan-perlombaan dengan berbagai kategori untuk tingkat balita, anak-anak, remaja dan keluarga. Jenis perlombaan yang diselenggarakan pada kegiatan ini antara lain, lomba PLKB, lomba BKB, lomba UPPKS, lomba keluarga harmonis, lomba BLK, lomba membuat cerita pendek, lomba menggambar dan mewarnai serta lomba lainnya. Juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan peralatan posyandu serta insentif kader Bina Keluarga Balita dan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa oleh Bupati dan Ketua TP PKK Tobasa.

Hadir juga pada acara ini, antara lain Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, Dandim 0210 TU/TS Letkol Viktor Tampubolon, Kapolres Tobasa AKBP Budi Suherman, Ketua PN Balige Agus Widodo SH MH, Asisten Pemerintahan Setdakab Tobasa Wasir Simanjuntak, para pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Tobasa dan Kabag Humas  dan Protokol Elisber Tambunan. Sementara, untuk tema yang diangkat pada peringatan Hari Keluarga Tahun 2012 tingkat Kabupaten Tobasa ini adalah “Dengan semangat Hari Keluarga, Kita Bangkitkan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional” dengan Motto “Keluarga Kecil, Bahagia, Sejahtera, Keluarga Tangguh dan Mandiri.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s