OTORITA ASAHAN SERAHKAN BANTUAN 3 (TIGA) UNIT DUMP TRUK PENGANGKUT SAMPAH DAN 1 (SATU) UNIT DUMP TRUK PENYEDOT TINJA UNTUK KEPERLUAN KABUPATEN TOBA SAMOSIR

Ketua Otorita Asahan Ir. Effendi Sirait, Kamis (04/10) di Balige menyerahkan bantuan 3 (tiga) unit Dump Truk Pengangkut Sampah dan 1 (satu) unit Dump Truk Penyedot Tinja untuk keperluan Kabupaten Toba Samosir.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari Program Bidang Konservasi Pembangunan Sarana Kebersihan dengan nilai total sebesar Rp. 1.422.850.000 (satu milyar empat ratus dua puluh dua duta delapan ratus lima puluh ribu rupiah).

Tujuan pemberian bantuan ini adalah untuk meningkatkan pengembangan sarana lingkungan dan dan kebersihan dalam rangka meningkatkan mutu lingkungan terutama di sekitar Danau Toba dan Sungai Asahan demi kelangsungan Pembangkit Listrik Proyek Asahan.

Otorita Asahan juga terus memberikan bantuan Program Konservasi Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Infrastruktur Perdesaan untuk masyarakat sekitar Proyek Asahan dan daerah ekosistem Danau Toba yang meliputi Kabupaten Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, Karo, Dairi, Asahan, Batubara, dan Kota Tanjung Balai dengan tujuan untuk melestarikan Danau Toba dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pihak Pemkab Toba Samosir diwakili Asisten Pemerintahan  Drs. Wasir Simanjuntak, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan keperdulian Otorita Asahan terhadap Kabupaten Toba Samosir. Dirinya berharap agar bantuan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya dalam menjaga kebersihan di Kabupaten Toba Samosir ini.  Pihaknya juga berpesan kepada para camat dan Kadis Pasar, agar bantuan ini dipelihara dengan baik, dan berharap biaya operasionalnya dapat ditampung pada APBD TA 2013. Sementara itu, kepada pihak Otorita Asahan dirinya meminta agar rencana dan proposal masyarakat dapat direalisasikan.

Sementara itu Ketua Otorita Asahan, Ir. Effendi Sirait mengatakan, bahwa pihaknya menjalankan 4 (empat) Program Otorita Asahan, yakni :

  1. Penanaman Pohon di sekitar kawasan Danau Toba;
  2. Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan;
  3. Membangun Infra Struktur di Tingkat Desa;
  4. Memberikan Program Beasiswa mulai dari tingkat SD sampai dengan program S2 (11.000 orang yang telah diberikan).

Effendi Sirait juga berpesan agar mobil tersebut dikelola dengan baik dan dipergunakan secara efektif untuk fungsi kebersihan sehingga kawasan Danau Toba dapat bersih dan lestari.

Kaban Lingkungan Hidup dan Pertambangan Kab. Toba Samosir, Drs. Agus Nadeak, M. Si dalam keterangannya menyebutkan bahwa 1 (satu) unit Dump Truk Penyedot Tinja akan dipergunakan oleh Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan. Sementara 3 (tiga) unit Dump Truk Pengangkut Sampah diserahkan kepada 3 (tiga) kecamatan, masing-masing Kecamatan Balige, Laguboti dan Porsea.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab TobaSamosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s