Berita Terbaru

MASYARAKAT TOBASA DIHARAPKAN BERPERAN AKTIF MELAKUKAN PENGAWASAN ISI SIARAN

Dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas melalui siaran yang sehat, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara (KPID-Sumut), mengharapkan adanya kepedulian dari seluruh elemen masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap isi siaran yang dimuat di televisi dan radio. Hal ini disiampaikan Sekretaris KPID Sumut, Jaramen Purba, pada Sosialisasi Pedoma Perilaku Penyiaran (P3) dan Standard Program Siaran (SPS) di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Senin (08/10) di Kantor Dinas Perhubungan, Komuniasi dan Informatika Toba Samosir di Balige. Sosialisasi ini kata Jaramen, diharapkan mampu mendorong terciptanya kualitas siaran yang dapat mendidik dan menghibur. “Untuk tontonan, hendaknya dapat menjadi tuntunan, sehat dan berkualitas”, ujar Jaramen.

Kadis Perhubungan dan Kominfo Toba Samosir yang diwakili  Kabid Kominfo, Marnaek Parhusip mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dan mendukung sosialisasi yang dilakukan KPID Sumut ini. Karena itu, pihaknya berupaya menghadirkan seluruh praktisi penyiaran baik dari lembaga penyiaran publik, swasta, komunitas maupun dari tokoh masyarakat di Toba Samosir, dengan harapan nantinya akan terbentuk suatu forum masyarakat pedulia penyiaran sehat di Toba Samosir. Disamping itu, Marnaek berharap, kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan para praktisi dan pemilik radio di Toba Samosir untuk bertukar fikiran seputar pelaksanaan penyiaran dengan para komisioner KPID Sumut. “Momen ini sudah lama kami nantikan, sehingga dapat lebih meningkatkan pemahaman di bidang penyiaran khususnya siaran radio di Tobasa”, kata Marnaek.

Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran, Mutia Atiqah didampingi Koordinator Bidang Kelembagaan, Parulian Tampubolon KPID Sumut menyebutkan, sosialiasi P3 dan SPS ini, diharapkan akan menggerakkan tumbuhnya forum kepedulian di masyarakat terhadap penyiaran tv/ radio, sehingga apabila ada isi siaran atau penyiaran yang tidak sesuai dengan P3 dan SPS dapat dilaporkan ke KPID. Dijelaskannya lagi, dalam P3 dan SPS ini, antara lain telah diatur standar program siaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kesukuan, keagamaan, ras dan antar golongan, norma kesopanan dan kesusilaan, kepentingan dan layanan publik, muatan seksual dan kekerasan dan standar-standar program siaran lainnya.

Mutia mengakui, KPID Sumut sudah banyak menerima pengaduan dari masyarakat atas isi atau muatan yang disiarkan di stasiun televisi dan radio yang dianggap tidak sesuai dan tidak layak untuk disiarkan, dan pihaknya telah mengambil langkah-langkah agar isi siaran tersebut untuk diperbaiki atau bahkan  dihentikan penyiarannya.

Sementara Isfan Dahriyan Nasution, salah seorang anggota Komisioner KPID Sumut lainnya menyebutkan, pengawasan isi siaran ini harus didukung seluruh elemen masyarakat, karena menurutnya, berdasarkan salah satu Survey Anak yang dilakukan, menunjukkan hasil yang sangat memprihatinkan. Survey tersebut menunjukkan, waktu yang dihabiskan anak-anak Indonesia di depan layar kaca jauh lebih banyak dibandingkan waktu yang dihabiskan untuk belajar setiap tahunnya. Isfan mengatakan, kondisi ini harus mendapat perhatian serius dari para orang tua, serta memperhatikan klasifikasi program siaran yang dapat ditonton anak-anak.

Sosialisasi yang  antara lain juga dihadiri para praktisi lembaga penyiaran siaran radio di wilayah Toba Samosir ini, disamping diisi dengan pemaparan P3 dan SPS oleh Mutia Atiqah dan Isfan Dahriyan Nasution, juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi seputar muatan isi siaran dan upaya peningkatan kapasitas para penyiar radio. Sebelumnya, Mutia Atiqah mewakili Ketua KPID Sumut juga menyerahkan Buku Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran Tahun 2012 yang diterima Kadis Perhubungan dan Kominfo yang diwakili Kabid  Kominfo, Marnaek Parhusip.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s