Berita Terbaru

3 PERDA DISOSIALISASIKAN KE LAPISAN MASYARAKAT TOBA SAMOSIR

Agar terciptanya pemahaman di tengah-tengah masyarakat atas kebijakan ataupun segala ketentuan yang diatur pemerintah daerah khususnya yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda), Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melakukan sosialisasi 3 (tiga) Perda kepada seluruh lapisan masyarakatnya. Kamis (11/10), bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Camat Porsea, seluruh kepala desa, sekretaris desa, Badan Perwakilan Desa, Tokoh Agama/ Masyarakat serta elemen masyarakat lainnya menghadiri Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan/ Peraturan Daerah yang diselenggarakan Bagian Hukum Setdakab Toba Samosir.

Adapun ke-3 Perda Kabupaten Toba Samosir yang disosialisasi tersebut, yakni Perda Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Perda Nomor 19 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Perda Nomor 5 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah.

Sosialisasi ini dilaksanakan dalam 3 sesi dimana setiap sesi juga diisi dengan tanya jawab. Untuk sesi pertama, dilakukan sosialisasi Perda tentang Penyelenggaraa Administrasi Kependudukan dengan pemateri Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Rosita Siagian. Untuk sesi kedua diisi dengan sosialisasi Perda tentang Pelayanan Perizinan Terpadu oleh Sekretaris Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal, Arifin Silaen. Sedangkan sesi terakhir, dilakukan sosialisasi perda tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dengan penyaji materi dari Badan Pemmas dan Pemdes yang diwakili Kasubbid Pembinaan Perangkat Desa Harizon Hutabarat, S.Sos.

Terkait dengan sosialisasi peraturan daerah tentang pengelolaan keuangan desa, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam tertulisnya yang dibacakan Kabag Hukum, Manoras Taraja,  secara khusus berharap kepada aparatur desa, untuk kedepannya dapat mengaplikasikan segala sesuatu hal yang diamanatkan peraturan tersebut, sehingga administrasi desa dapat terlaksana dengan terencana dan teratur.

Melalui penyelenggaraan sosialisasi yang berlangsung selama satu hari ini, para peserta juga diharapkan dapat sebagai agen penyebarluasan informasi peraturan daerah ini, sehingga dapat lebih diketahui dan dipahami seluruh lapisan masyarakat. Sosialisasi yang juga dihadiri Asisten Pemerintahan yang diwakili Kabag Pemerintahan, Oloan Pane, dan Camat Porsea, Augus Sitorus ini, terlihat para peserta yang hadir tampak begitu antusias mendengarkan pemaparan yang dilakukan para penyaji.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s