Berita Terbaru

BANTUAN SOSIAL UNTUK 3 KK KORBAN KEBAKARAN DI ULUAN DISALURKAN

Kembali Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan sosial sebagai wujud kepedulian kepada 3 (tiga) kepala keluarga korban musibah kebakaran di Dusun Lumban Huala, Desa Sibuntuon, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir, Kamis (11/10). Bantuan sosial yang diserahkan tersebut, berupa bahan pakaian dan berbagai jenis sembilan bahan pokok, yang selanjutnya diserahkan Asisten Pemerintahan yang diwakili Kabag Pemerintahan Oloan Pane serta disaksikan Camat Uluan, Elister Manurung.

Sebelumnya, sesampainya di lokasi, Oloan Pane juga menepung tawari para korban sebagaimana lazimnya adat Batak disebut dengan menyematkan “Boras Sipir Ni Tondi” seraya memberikan kata-kata penghiburan kepada 3 (tiga) kepala keluarga yang ditimpa musibah, yakni Keluarga Lungguk Manurung, Mangara Manurung dan Rudi Manurung. Para korban diharapkannya, dapat lebih tabah menghadapi cobaan tersebut, dan senantiasa terus berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dikatakannya lagi,  bantuan yang diserahkan tersebut, merupakan wujud kepedulian Pemkab Toba Samosir, dan agar tidak dinilai dari besaran nilai nominalnya, tetapi dapat dinilai sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam mengemban visi dan misinya untuk selalu memberikan perhatian dan kepedulian atas kondisi warganya.

Mewakili para korban, Kepala Desa Sibuntuon, Rencus Manurung memberikan apresiasi kesigapan pemerintah daerah dengan memberikan bantuan kepada warganya yang ditimpa musibah. Dalam keterangannya lebih lanjut, Rencus membeberkan, bahwa musibah kebakaran yang terjadi pada hari Jumat (05/10) tersebut, telah menyebabkan terbakarnya 3 (tiga) unit rumah penduduk beserta harta benda di dalamnya dengan kerugian yang ditaksir berkisar ratusan juta rupiah. “Penyebab kebakaran, diduga bersumber dari hubungan arus pendek jaringan listrik pada salah satu rumah korban”, pungkasnya.

Menanggapi masih sering terjadinya musibah kebakaran di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Kabag Humas dan Protokol, Elisber Tambunan, Kamis (11/10) melalui telepon menyebutkan, pihaknya melalui para camat yang selanjutnya diteruskan kepada para kepala desa, telah menghimbau masyarakat untuk senantiasa siaga dan lebih berhati-hati atas hal-hal yang mungkin menyebabkan terjadinya kebakaran. “Misalnya, dalam penggunaan kompor masak, baik yang menggunakan gas maupun minyak tanah, harus lebih teliti memadamkannya apabila sudah tidak dipergunakan”, kata Elisber. Ditambahkannya, pihaknya juga memberikan perhatian khusus atas masih maraknya pembakaran yang dilakukan atas rumpun-rumpun bambu di perkampungan penduduk yang sering menyebabkan terjadinya kebakaran yang lebih luas. “Apabila rumpun-rumpun bambu tersebut tidak dipergunakan lagi, sebaiknya ditebang saja, jangan dibakar”, tambahnya. Melihat kondisi ini, pihaknya menghimbau, agar masyarakat turut memperhatikan kondisi-kondisi demikian, sehingga musibah kebakaran-kebakaran dapat berkurang.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s