Berita Terbaru

TOBASA KAMPANYEKAN PEDULI SANITASI LINGKUNGAN

Rapat Koordinasi para Anggota Pokja Sanitasi di Sekretariat Pokja Sanitasi pada Kantor Bappeda Toba Samosir guna membahas persiapan Kampanye Peduli Sanitasi di Toba Samosir, Kamis (19/10)

Guna meningkatkan kesadaran akan perilaku tertib masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir akan mengkampanyekan kepedulian akan sanitasi lingkungan. Maka, dalam mendorong peningkatan status lingkungan ini melalui perilaku masyarakat, Bupati Toba Samosir telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Sanitasi Kabupaten Toba Samosir dengan Sekretariat Pokja pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Demikian dikatakan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Elisber Tambunan, Kamis (18/10) di ruang kerjanya di Balige.

Pokja Sanitasi ini, dikatakan Elisber, salah satunya bertugas untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan pelaksanaan pembangunan dan pengembangan sanitasi untuk sub sektor air limbah, persampahan, drainase, air bersih dan perilaku hidup bersih dan sehat di Kabupaten Toba Samosir. Dikatakannya lebih lanjut, peduli akan kondisi sanitasi lingkungan, merupakan salah satu modal penting dalam pelaksanaan pembangunan, karena dengan sanitasi yang baik tanggung jawab pemerintah dalam mempertahankan dan meningkatkan standar kualiatas lingkungan, sangat berpengaruh dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di tempat terpisah, Benni Girsang salah seorang anggota Pokja yang sehari-hari menjabat Kabid Fisik dan Prasarana pada Bappeda Tobasa mengatakan, kampanye peduli sanitasi lingkungan pada masyarakat Toba Samosir ini, diharapkan akan mampu menciptakan perilaku masyarakat untuk benar-benar menyadari pentingnya sanitasi. “Kita berharap, masyarakat akan lebih memahami pengelolaan sampah, pentingnya kebersihan saluran drainase, pengolahan air limbah, maupun pengolahan air minum”, ujar Benni.

Kampanye peduli sanitasi tersebut dikatakannya, diantaranya dilakukan melalui spanduk dan leaflet/ brosur yang dibagikan kepada masyarakat, yang memuat ajakan-ajakan untuk peduli sanitasi yang salah satunya dengan memulai perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Benni mencontohkan, pentingnya pemahaman mencuci tangan dengan sabun, karena menurutnya, fakta mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh ratusan kuman penyakit hingga tidak sampai menggerogoti tubuh manusia. “Hal-hal seperti itu salah satunya yang kita kampanyekan ke masyarakat”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan Benni, untuk upaya-upaya pembangunan sarana prasarana peningkatan sanitasi lingkungan sebagaimana telah disusun dalam Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK), akan dilakukan oleh SKPD-SKPD Teknis di daerah dan dari pemerintah atasan. Ditambahkannya, salah satu bentuk program yang direncanakan akan dilakukan di SKPD teknis dalam penanganan sanitasi, yakni pembangunan instalasi pengelolaan air limbah. Namun menurutnya, kendala yang sering dihadapi pada pembangunan sarana sanitasi ini, adalah lahan yang tidak tersedia. Harapannya, dengan makin tingginya pemahaman dan kesadaran yang timbul pada masyarakat akan pentingnya sanitasi ini, akan semakin kuat pula dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s