Berita Terbaru

BUPATI APRESIASI APARAT DESA DALAM PENCAPAIAN TARGET PBB

Untuk Tahun Anggaran 2012, Toba Samosir yang memiliki luas wilayah 2.021,80 km2  berhasil meningkatkan capaian pendapatan daerahnya hingga 21 % dari tahun sebelumnya. Salah satu indikator peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) ini, tentunya dipengaruhi pendapatan dari berbagai  sektor yang berkontribusi dari pajak, retribusi dan lain-lainnya. Karena itu, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak memberikan apresiasi secara khusus bagi para perangkat desa/kelurahan yang capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga mencapai 100 % dari target yang ditetapkan. Realisasi PBB ini, tentunya memberikan tren yang positif pada peningkatan struktur PAD yang sehat.

Atas upaya dan kerja keras aparat desa/ kelurahan tersebut, bertempat di Aula SMK Negeri 1 Balige, Selasa (23/10), di sela-sela Rapat Koordinasi SKPD se-Kabupaten Toba Samosir, Bupati menyerahkan langsung piagam penghargaan beserta hadiah pembinaan, yang diterima langsung kepala desa/ lurah yang ditetapkan sebagai desa/ kelurahan terbaik dalam penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan mengacu pada realisasi dan ketepatan waktu. Menurut Bupati, piagam dan hadiah yang diserahkan tersebut, diharapkan dapat memotivasi para aparat desa/ kelurahan lainnya, untuk lebih bekerja keras lagi, khususnya dalam menumbuhkan kesadaran para warga untuk lebih sadar membayar pajak sebagai cerminan warga negara yang baik di wilayah yang memiliki kepadatan penduduk 86,43 jiwa/km2 ini. “

Lebih lanjut, untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor lainnya, Bupati juga menginstruksikan agar para pimpinan SKPD dapat berkoordinasi dengan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal untuk selanjutnya bekerjasama dengan para camat beserta kepala desa/ lurah mensosialisasikan penerimaan pendapatan lainnya. Bupati juga mengingatkan, capaian pendapatan yang dibebankan pada setiap SKPD, juga akan dijadikan sebagai alat evaluasi atas kinerja para pimpinan SKPD tersebut, sehingga diharapkan mampu mendongkrak laju pembangunan di Toba Samosir. “Saya harapkan upaya kita bersama, dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Toba Samosir”, ujar Bupati.

Sesuai data yang disampaikan Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah, desa/ kelurahan terbaik dalam pencapaian pungutan Pajak Bumi dan Bangunan untuk Tahun 2012, adalah Desa Patane V Kecamatan Porsea sebagai terbaik pertama, Kelurahan Parsoburan Tengah Kecamatan Habinsaran dan Desa Lumban Lobu Kecamatan Parmaksian berturut-turut sebagai terbaik kedua dan ketiga.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s