KETUA TP-PKK TOBASA : “PKK HARUS MAMPU MENYIKAPI DAN MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH”

Demikian himbauan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Toba Samosir, Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak, kepada seluruh jajarannya para pengurus dan anggota TP-PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Toba Samosir pada Rapat Konsultasi Daerah PKK, di Aula SMK N 1 Soposurung, Balige, Rabu (24/10).

Disamping menyikapi dan mendukung program pemerintah, TP-PKK juga diharapkan Ny. Netty, juga mampu mendukung perubahan dan perkembangan gerakan PKK sebagai perwujudan aspek pemberdayaan. Karena itu, TP-PKK Toba Samosir diinstruksikan dapat mempersiapkan berbagai hal lainnya sehingga target dan strategi yang ditetapkan dapat memenuhi harapan dalam mewujudkan masyarakat Toba Samosir yang memiliki rasa kasih, peduli dan bermartabat.

Salah satu aspek perubahan yang harus disikapi tersebut, menurut Ny. Netty, adalah perubahan lomba yang harus diikuti TP PKK Kabupaten Toba Samosir dari sebelumnya hanya 3 (tiga) lomba menjadi 9 (sembilan) lomba pada 9 (sembilan) desa. Adapun lomba tersebut, akan dilakukan dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), yang meliputi lomba Tertib Administrasi PKK, Pencegahan KDRT, Kelompok UP2K PKK, Hatinya PKK, Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga, Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Lingkungan Bersih dan Sehat, Posyandu dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Sementara Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak selaku Ketua Dewan Penyantun TP-PKK mengatakan, gerakan PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat dimana wanita memegang peranan utaman yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan. Mengingat TP-PKK merupakan mitra pemerintah dengan program dan kebijakan umum nya selaras dengan target pembangunan pemerinta, maka Bupati mengharapkan TP PKK dan jajarannya dapat senantiasa bersinergi dengan pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengamanatkan, agar melalui rapat konsolidasi PKK tersebut, dapat menyajikan program yang nantinya benar-benar dapat bermanfaat dalam pemberdayaan masyarakat maupun pengentasan kemiskinan sesuai dengan tujuan pembangunan nasional dan arah Millenium Development Goals (MDGs).

Rapat konsolidasi TP-PKK Kabupaten Toba Samosir ini berlangsung selama sehari ini, dihadiri jajaran pengurus dan anggota TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa/ Kelurahan. Hadir juga pada kesempatan tersebut para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/ mewakili guna membahas program kerja yang dapat disinkronkan dengan program kerja PKK.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s