Berita Terbaru

“SEMANGAT DAN JIWA SUMPAH PEMUDA HARUS MENJADI INSPIRASI MEMBANGUN BANGSA”

Demikian bagian sambutan tertulis Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga RI, yang dibacakan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84 Tahun 2012 tingkat Kabupaten Toba Samosir yang berlangsung di Lapangan Sisingamangaraja XII, Senin (29/10) di Balige. Tema yang diangkat pada upacara ini adalah “Dengan Sumpah Pemuda, Kita Mantapkan Kemandirian, Kreativitas dan Kebangsaan Menuju Komunitas Asean 2015”. Tema ini membawa pesan kepada pemuda khususnya, untuk lebih memantapkan tekad mempertahankan kemandirian dan kreativitas, sembari membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat.

Lebih lanjut lagi dalam sambutannya, Menpora mengatakan, dengan semangat Sumpah Pemuda, akan dapat meningkatkan kualitas, daya saing serta menjaga eksistensi Pemuda dalam kehidupan global dengan menunjukkkan kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Sebelumnya, Menpora juga mengatakan, bahwa pihaknya, telah mencanangkan dan mengupayakan gerakan kemandirian dalam berwirausaha dan telah mendapat sambutan yang berharga, terlihat dari gairah pemuda/i untuk mengembangkan berbagai kegiatan berwirausaha dan berbagai usaha industri kreatif sehingga secara langsung ikut meningkatkan perkembangan makro kinerja masyarakat dan Pemuda Indonesia.

Rangkaian upacara peringatan Sumpah Pemuda ini, juga diisi dengan pembacaan “Poetoesan Congres Pemoeda-Pemoedi Indonesia” yang dilangsungkan pada 27-28 Oktober 1928, yang digagas perkumpulan pemuda/i Indonesia seperti Jong Java, Jong Sumatera (Pemoeda Sumatera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks Bond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia. Dalam putusan kongres tersebut, setelah melalui rapat dan pidato-pidato yang disapaikan, disepakatilah suatu keputusan yang dikenal dengan nama “Sumpah Pemuda”.

Kabag Humas dan Protokol selaku Juru bicara Pemkab Toba Samosir, Elisber Tambunan mengatakan, melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ini, pemuda/i di Toba Samosir dapat terinspirasi dengan perjuangan para pemuda dulu, untuk mengisi pembangunan ini dengan menjadi pemuda/i yang mandiri dan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. “Peringatan Sumpah Pemuda kali ini, kiranya menjadi tonggak bagi Pemuda/i di Tobasa untuk terus mengembangkan kreatifitasnya bagi kemajuan di Tobasa ini”, tambah Elisber.

Dalam upacara yang berlangsung sederhana namun penuh hikmat ini, terlihat hadir di tribun kehormatan, Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Toba Samosir, Sahat Panjaitan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Liberty Manurung, Kapolres Toba Samosir, AKBP Budi Suherman, Kajari Balige, Harly Siregar, SH, Ketua PN Balige, Agus Widodo. Juga hadir para pimpinan SKPD, para pengurus TP-PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persit Kartika Chandra Kirana, Ibu-Ibu Bhayangkari, para pimpinan OKP/ Ormas seperti, Ketua KNPI Herbert Sibuea, Ketua Pemuda Katolik Patar Nadapdap, mewakili GP Ansor M. Ali Pardede, mewakili Ikatan Pemuda Karya, mewakili Pemuda Pancasila, mewakili Pemuda Panca Marga dan OKP lainnya. Sementara para peserta upacara, terdiri dari kesatuan barisan pelajar SD/SLTP/SMA/SMK, Pramuka, PNS, TNI/POLRI dan kesatuan barisan dari berbagai Organisasi Kepemudaan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s