PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-67 DI TOBASA, DIAWALI ZIARAH NASIONAL

Sebagai wujud penghargaan dan untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan, rangkaian peringatan Hari Pahlawan ke-67 tingkat Kabupaten Toba Samosir diawali dengan pelaksanaan upacara ziarah nasional dipimpin Kajari Balige, Harli Siregar, SH, MH, dengan mengambil tempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, Soposurung, Sabtu (10/11) di Balige.

Disamping memberikan penghormatan kepada para arwah pahlawan dengan mengheningkan cipta, pada ziarah nasional ini juga dilakukan peletakan karangan bunga di monumen TMP Bahagia oleh Kajari Balige dilanjutkan penaburan bunga ke makam para pahlawan oleh Wabup Tobasa Liberty Pasaribu, Kapolres Tobasa AKBP Budi Suherman, Ketua PN Balige Agus Widodo, mewakili Ketua DPRD Mangapul Siahaan dan Sekdakab Tobasa Liberty Manurung.

Selepas pelaksanaan ziarah nasional ini, puncak peringatan Hari Pahlawan dilakukan dengan pelaksanaan Upacara Nasional di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, dipimpin Inspektur Upacara Dandim 0210/TU-TS, Letkol Inf. Victor Tampubolon. Sementara, bertindak sebagai Komandan Upacara, Dan Kipan A-125/SMB, Lettu Inf. H. Nainggolan didukung Kapolsek Balige AKP. Gibson Siagian selaku Perwira Upacara.

Dalam amanatnya, Letkol Inf. Viktor Tampubolon membacakan sambutan Menteri Sosial RI, antara lain mengamanatkan, agar dengan semangat kepahlawanan menjadi sumber motivasi dan modal sosial untuk mengatasi berbagai masalah. Sebagaimana tema “Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera”, peringatan Hari Pahlawan kali ini diharapkan menjadi momentum Bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu negara.

Ziarah dan upacara nasional peringatan Hari Pahlawan ini, juga dihadiri para Asisten dan Kabag Setdakab Tobasa, Staf Ahli Bupati, para pimpinan SKPD, para perwira di jajaran Polres Tobasa. Sedangkan kesatuan barisan yang mengikuti upacara ini, antara lain para pelajar SD/SMP/SMU, Mahasiswa, KORPRI, personil TNI dan POLRI, serta Ormas/OKP.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s