PEMERINTAH DAN GEREJA HARUS PADU MELAYANI MASYARAKAT

Untuk membangun masyarakat seutuhnya menjadi lebih beriman, cerdas, memiliki kasih serta kepedulian terhadap sesama, diperlukan partisipasi seluruh elemen masyarakat. Untuk mewujudkan hal ini di Kabupaten Toba Samosir, Gereja sebagai salah satu komponen kehidupan bermasyarakat juga memegang peranan. Hal ini disampaikan Bupati Toba Samosir melalui Wabup Toba Samosir, Liberty Pasaribu dalam sambutan tertulisnya di hadapan seribuan jemaat HKBP pada Pesta Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja HKBP Baruara, Minggu (11/10) di Balige.

Lebih lanjut dikatakan, gereja sebagai organisasi sangat erat hubungannya dengan peran pemerintah, dan apabila kedua peranan dimaksud dapat terpadu sedemikian rupa, maka akan menjadi kekuatan dalam pelaksanaan pembangunan. “Oleh karena itu, saya harapkan agar kita semua dapat menjalin kerjasama dalam setiap pelayanan kepada masyarakat, dengan demikian eksistensi pemerintah dan gereja, sungguh-sungguh dirasakan masyarakat”, ujar Wabup Liberty Pasaribu.

Sebelum pelaksanaan peletakan batu pertama, dilakukan ibadah bersama seluruh jemaat dengan kotbah yang diambil dari nats Bibel, Heber 9 : 24-28. Jemaat juga disuguhi lagu-lagu pujian melalui penampilan paduan suara/ koor dari gereja- gereja HKBP tetangga serta dari paduan suara “Metanoia” SMU Negeri 2 Balige, yang pada kesempatan tersebut membawakan kidung pujian yang memukau.

Renovasi Gereja HKBP Baruara yang dibangun pada tahun 1821 ditaksir membutuhkan biaya sekitar Rp. 1,5 Milyar dengan sumber dana dari prakarsa jemaatnya serta didukung kepedulian para anggota jemaat lainnya di perantuan serta dari sumbangan pihak lainnya. Renovasi yang memiliki jemaat sekitar 450 kepala keluarga ini ini diperkirakan akan rampung pada tahun 2013.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s