Berita Terbaru

PEMKAB TOBASA SEBAGAI BADAN PUBLIK JAMIN PUBLIK PEROLEH INFORMASI

Untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sebagai badan publik senantiasa berupaya menjamin hak publik untuk memperoleh informasi. Karena itu, dalam memenuhi kewajiban ini, Pemkab Toba Samosir berupaya menjalin kemitraan dengan insan pers/ jurnalis. Hal ini disebabkan, di era demokratisasi ini, peran insan pers berada dalam posisi yang sangat strategis, sebagai alat kontrol sosial, alat mencerdaskan masyarakat serta sebagai sumber dan penyalur informasi bagi publik. Maka, dengan peranan yang dimiliki tersebut, akan sangat mempengaruhi dalam keberhasilan pembangunan.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan, Drs. Rudolf Manurung, pada pelantikan pengurus Koordinator Cabang Persatuan Wartawan Indonesia – Reformasi (Korcab PWI-Reformasi) Kabupaten Toba Samosir, di Aula VIP Serbaguna HKBP, Balige, Kamis (22/11).

Masih dalam sambutannya, terkait dengan keberadaan Korcab PWI-Reformasi Kabupaten Toba Samosir, Bupati berharap, melalui PWI- Reformasi, agar para insan pers yang tergabung didalammnya berkenan menyambut ajakan pemerintah untuk menjalin suatu kemitraan yang baik, melalui penyajian informasi yang berkualitas. Karena menurutnya, dengan kemitraan tersebut, pemerintah telah terbantu dalam memenuhi tanggung jawab akan informasi kepada publik.

Menyambut ajakan ini, Ketua terpilih Korcab PWI-Reformasi Kabupaten Toba Samosir, Harry Hutagaol mengatakan, bahwa organisasi yang dipimpinnya berkomitmen akan bermitra dengan Pemerintahan Kabupaten Toba Samosir untuk mendorong percepatan pembangunan melalui tata kelola pemerintahan yang baik sebagaimana prinsip “Good Governance”. Disebutkannya juga, dengan dikukuhkannya Korcab PWI-Reformasi Kabupaten Toba Samosir, akan membawa nuansa perubahan yang mendasar dalam tatanan kewartawanan dalam membuat berita. Ditegaskannya, pihaknya akan menggodok setiap anggotanya untuk memberikan yang terbaik kepada pemerintahan dan masyarakat berupa berita maupun informasi yang aktual, tajam dan terpercaya tanpa melanggar kode etik jurnalistik.

Koordinator Nasional PWI-Reformasi yang diwakili Sektretaris Umum, Yahya Suryadharma, yang hadir guna melantik pengurus Korcab di Toba Samosir, dalam sambutannya menegaskan, bahwa keberadaan Korcab PWI-Reformasi di Toba Samosir bukan untuk wadah mencari uang, melainkan sebagai wadah untuk bermitra dengan pemerintah, sehingga pembangunan dapat berjalan ke arah yang lebih baik. Disebutkannya juga, kata-kata reformasi pada PWI-Reformasi didorong oleh niat untuk melakukan perubahan pada jatidiri wartawan, mengingat wartawan itu tumbuh dari adanya motivasi dan gagasan.

Acara pelantikan ini, juga dihadiri Ketua DPRD Toba Samosir, Sahat Panjaitan, Kajari Balige, Harly Siregar, SH, MH, Wakapolres Toba Samosir, Kompol F. Tampubolon, Anggota DPRD Toba Samosir Tonny Sakkan Siahaan, Kaban Kesbang Pollinmas, Edward Tampubolon, Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan dan Kakan Satpol PP, Timbul Sihombing. Hadir juga mewakili Koordinator Daerah PWI-Reformasi Provinsi Sumatera, Sekretaris Umum Baringin Pulungan dan mewakili Korcab se-Sumatera Utara hadir Ketua Korcab PWI-Reformasi Kabupaten Deli Serdang, Firdaus Tanjung.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s